Dagprin Buleleng Genjot UKM Lokal

Buleleng Ekonomi Bisnis News Update
Kepala Dinas (Kadis) DagperinkopUKM Buleleng Dewa Made Sudiarta.

SINGARAJA, Kilasbali.com — Meningkatkan roda perekonomian para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) lokal, pemerintah telah menetapkan kebijakan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) untuk diberlakukan di seluruh daerah di Kabupaten Buleleng.

Sejalan dengan itu, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil & Menengah (DagperinkopUKM) Kabupaten Buleleng akan meningkatkan penyerapan produk UKM lokal Buleleng untuk belanja barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng sebesar 40 persen dari keseluruhan pengadaan.

Kepala Dinas (Kadis) DagperinkopUKM Buleleng Dewa Made Sudiarta mengatakan, upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan perputaran ekonomi yang terjadi di sektor UKM Kabupaten Buleleng.

Baca Juga:  Projo Gianyar Sterilisasi Provokasi dan Gerakan Anarkisme 

Menurutnya, penyerapan yang dibebankan kepada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Buleleng itu akan digunakan untuk menunjang operasional Pemkab Buleleng.

“Prioritas itu, tentu belanja barang maupun jasa yang memang sudah menjadi belanja rutin di Pemkab Buleleng, seperti contoh makanan dan minuman, jasa pemeliharaan, dan belanja alat tulis kantor,” kata Kadis Sudiarta belum lama ini.

Nah, membantu para pelaku UKM dalam menyediakan barang dan jasa kepada Pemkab Buleleng, pihaknya memberikan pembinaan kepada mereka untuk menginput produk-produk ke e-katalog dan platform pengadaan online yaitu mbiz.co.id.

Baca Juga:  Wahana Edukasi Alam dan Tumbuhan Langka Kesiman Petilan

“Besar harapan kami, geliat UKM di Buleleng meningkat, selain itu juga memupuk kecintaan terhadap produk lokal Buleleng,” pungkasnya. (ard/kb)