Pemkot Denpasar Ngaturang Bhakti Penganyar di Pura Ulun Danu Batur

Denpasar News Update
Wali Kota Denpasar Jaya Negara tampak ngaturang bakti di Pura Ulun Danu Batur. (foto/hms)

DENPASAR, Kilasbali.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melaksanakan Bhakti Penganyar serangkaian Pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur, Kamis (24/3/2022) bertepatan dengan Wraspati Wage Wuku Watugunung.

Hadir bersama pemedek, Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, Jero Gede Batur Duuran, Jero Gede Batur Alitan serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar.

Bhakti Penganyar diawali dengan Tari Rejang, Tari Baris Gede, dan Topeng Wali. Rangkaian prosesi diakhiri dengan persembahyangan bersama yang dipuput oleh Ida Pedanda Agung Putra Kemenuh.

Baca Juga:  Bantu Ungkap Pencurian Bebek, Kapolres Beri Rewards Bhabhinkamtibmas dan Masyarakat Tajen

“Pelaksanaan persembahyangan tahun ini tentu sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya, mengingat Karya Pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga penerapan protokol kesehatan wajib dilaksanakan dengan tidak mengurangi makna dalam prosesi upacara,” ujarnya.

Dikatakan Jaya Negara, Karya Pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur ini merupakan momentum bagi seluruh umat Hindu untuk meningkatkan sradha dan bhakti.

Jaya Negara menambahkan, pelaksanaan Bhakti Penganyar juga bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur Pemerintah Kota Denpasar atas kelancaran dalam menjalankan swadharma membangun Kota Denpasar.

Baca Juga:  Donor Darah Warnai Hari PMI Se-Dunia

“Rasa persatuan (menyama braya) umat Hindu harus kita pupuk, sehingga yadnya sebagai wujud syukur dapat terus kita laksanakan guna meningkatkan sradha dan bakti umat sesuai dengan swadarma menuju keseimbangan alam semesta,” jelasnya.

Rangkaian Karya Ngusaba Kedasa akan berakhir pada Anggara Wage Wuku Sinta, Selasa (29/3/2022) mendatang.(sgt/kb)