BNNK Gianyar Nobatkan Bedulu Desa Bersinar

Gianyar News Update
Jambore Desa Bersinar atau Desa Bersih dari Narkoba Desa Bedulu. (ina/kb)

GIANYAR, Kilasbali.com –  Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh menjadi desa pertama di Gianyar yang menggelar Jambore Desa Bersinar atau Desa Bersih dari Narkoba. Kegiatan itu, melibatkan 5 Sekolah Dasar (SD) yang ada di Desa Bedulu tersebut, berlangsung di Wantilan Pura Pengastulan, Selasa (29/3).

Bahkan, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Gianyar dinobatkan sebagai Desa Bersinar. “Desa Bersinar wajib membina dan memberikan informasi kepada masyarakat, betapa bahayanya narkoba ini. Kami mengawali dengan melibatkan anak SD se-Desa Bedulu,” ujar Perbekel Desa Bedulu, I Putu Ariawan.

Dikatakan, pelibatan anak sekolah untuk mengantisipasi secara dini bahaya narkoba. Selain langkah antisipasi, dalam kegiatan ini juga memberitahu kepada seluruh pihak bahwa narkoba itu benda berbahaya, tidak wajib dicoba. “Untuk peserta, secara dini mereka mengetahui dan mengerti bahaya narkoba,” katanya.

Baca Juga:  Pantai Berawa Ditata, Satpol PP Kerahkan Excavator Bongkar Warung

Dalam kegiatan tersebut, dirangkai sejumlah kegiatan. Diantaranya,  melukis poster, yel-yel menyatakan diri bebas narkoba. Kami sediakan tim penilai atau juri yang membidangi. “Kami juga datangkan BNNK yang siap mendampingi,” terangnya.

Perbekel berharap semua masyarakat menyadari betapa penting pengetahuan bahaya narkoba. Setidaknya tidak ada penyalahgunaan narkoba untuk jangka selanjutnya.

Pada kesempatan itu, perbekel menyampaikan rasa bangganya dan hormat Desa Bedulu menjadi Desa Bersih Narkoba. Namun bukan berarti bukan tidak ada kasus narkoba. Justru desa bersinar ini, dari yang tadinya ada kasus narkoba, menjadi tidak ada.

Baca Juga:  Oknum ASN Terjerat Narkoba Diberhentikan Sementara

Kepada BNNK, pihaknya juga meminta agar selalu turun memberikan edukasi. Dia juga menyerukan anti narkoba kepada masyarakat Bedulu. “Jangan pernah mencoba jika tidak ingin masa depan digerogoti,” pungkasnya. (ina/kb)