Aktivitas Pasar Rakyat Gianyar Mulai Ramai

Ekonomi Bisnis Gianyar
Aktivitas pedagang di baseman Pasar Rakyat Gianyar. (ina/kb)

GIANYAR, Kilasbali.com – Keramaian sebuah pasar memang membutuhkan proses adaptasi. Baik pedagang maupun pengunjung pasar. Buktinya, Pasar Rakyat Gianyar yang sejak baru dibuka sempat lenggang, aktivitas jual beli mulai ramai setelah para pengunjung dan pedagang mulai beradaptasi.

Demikian pula di lantai baseman, aktivitas saat subuh mulai ramai seiring penertiban pedagang liar di pinggiran jalan ataupun tempat-tempat yang dilarang lainnya.

Pantauan, Rabu (30/3) bertepatan dengan hari Raya Pagerwesi, sekitar Pukul 02.00 Wita, aktivitas pasar yang dimulai dari lantai baseman sudah mulai ramai. Kemudian, keramaian menyambung ke lantai satu dan dua yang didominasi pedagang daging dan sayur mayur.

Baca Juga:  Oknum ASN Terjerat Narkoba Diberhentikan Sementara

“Kami sudah lebih dari lima kali ke Pasar Rakyat Gianyar ini. Awalnya bingung mencari pedagang yang biasa kami kunjungi. Sekarang sudah hafal lokasinya. Jadi tinggal sekali parkir, semua kebutuhan sudah didapat disini,” ungkap Ni Kadek Sulasih salah seormag Ibu RT yang tinggal di Lingkungan Candi Baru, Gianyar.

Sementara itu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di bawah Asisten III Setda Gianyar,  terus melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pedagang Pasar Rakyat Gianyar.

Syukurnya, semakin hari terjadi peningkatan signifikan jumlah pedagang yang berjualan di basemen, yang dirancang untuk pedagang kebutuhan dapur harian warga. Jumlah pedagang yang membuka lapak di sana sudah mencapai 150 pedagang.

Baca Juga:  Projo Gianyar Sterilisasi Provokasi dan Gerakan Anarkisme 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gianyar, Luh Gede Eka Suary, seizin Plt Asisten III Gianyar, Dewa Alit Mudiarta menjelaskan, dalam mengembalikan aktivitas jual-beli Pasar Rakyat Gianyar, pihaknya terus melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pedagang.

Dalam kegiatan itu, pihaknya langsung dipimlin Plt Asisten III Gianyar atas arahan Bupati Gianyar, Made Mahayastra.

Disebutkan juga  OPD lainnya, seperti Dinas Perhubungan Gianyar untuk mengatur reka ulang lalu lintas di lasar, dan Satpol PP Gianyar bertugas menertibkan atau menyuruh pedagang yang berjualan di badan jalan atau di luar tempat yang ditetapkan, diarahkan untuk masuk ke tempat yang telah disediakan.

Baca Juga:  Lampu Bermotif Barong Bakal Hiasi Ubud

“Tujuan kami untuk memaksimalkan Pasar Rakyat Gianyar dan mengurangi pedagang yang berjualan di badan jalan dan fasilitas umum,” ujarnya.

Eka Suary mengungkapkan, hasil dari kegiatan yang secara konsisten dilakukan ini cukup memuaskan. Saat ini para pedagang bermobil sudah banyak yang masuk untuk berjualan di basemen Pasar Rakyat Gianyar.

Jumlahnya per hari ini sebanyak 95 unit. Sementara untuk total pedagang di pelataran sudah mencapai 150 pedang, hari sebelumnya sebanyak 105 pedagang.

“Pedagang bermobil yang sudah memasuki basemen. Demikian juga beberapa pedagang pelataran juga,” pungkasnya. (ina/kb)