Patung Kapten Dipta Bakal Diresmikan 12 April 2022

Gianyar News Update Seni Budaya Tokoh
Patung Kapten Dipta yang akan diresmikan serangkaian HUT Kota Gianyar ke 251. (foto/ina)

GIANYAR, Kilasbali.com – Meski sudah selesai dibangun akhir tahun 2021, namin hingga kini patung Kapten I Wayan Dipta belum diresmikan.

Setelah lama menunggu, patung yang mencolok di Simpang Buruan, Bypass Dharma Giri, Gianyar, bakal diresmikan 12 April 2022, yang dirangkai untuk menyambut HUT Kota Gianyar ke-251.

Kabag Tapem Kabupaten Gianyar, I Nyoman Wenaya Adiwirata, mengatakan, patung ini dibangun tidak terlepas dari penghargaan terhadap nilai-nilai kepahlawanan yang diwariskan.

Baca Juga:  Batas Desa Singapadu dan Celuk Diserahkan ke Pemkab

Hingga akhirnya, lanjut dia, kepahlawanannya itu menjadi kebanggaan masyarakat Gianyar yang kemudian didedikasikan dengan sejumlah nama jalan, stadion dan kini Taman Patung Kapten I Wayan Dipta.

Dikatakan, patung ini baru bisa diwujudkan  oleh perjuangan Bupati Gianyar beserta jajaran dan elemen tokoh masyarakat.

“Peresmian Patung Pahlawan Kapten I Wayan Dipta inipun harus kita ambil saat mementum HUT Kota Gianyar,” terangnya, Rabu (30/3).

Baca Juga:  Dewan Sorot Bangunan Pasar tak Berfungsi

Lanjutnya, peresmian akan diisi dengan atraksi seni budaya dalam jiwa kepahlawanan dan jiwa bhakti terhadap Bumi Gianyar, Bumi Seni Budaya yang dijadikan sebagai pusat peradaban dari sejarah perkembangan adat dan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Meliputi tari-tarian, gamelan, peragaan melukis perjuangan Kapten I Wayan Dipta, fashion show dan sebagainya. Dalam peresmian ini, juga akan melibatkan seniman sekitar 300 orang,” pungkasnya. (ina/kb)