Pelabuhan Sampalan Dipelaspas

Klungkung
Gubernur Koster dan Kapolda Bali saat meninjau pelabuhan Sampalan

KLUNGKUNG, Kilasbali.com – Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dan didampingi Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta dan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Provinsi Bali dan Provinsi NTB Muiz Thohir, serta beberapa kepala OPD melakukan prosesi mulang pakelem, serangkaian pacara Pemlaspasan Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida, Klungkung, Jumat (1/4).

Gubernur Bali menyampaikan, infrastruktur di Pulau Nusa Penida sudah seharusnya dikembangkan secara layak dan memadai untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari masyarakat, selain juga untuk mendukung upacara pujawali di Pura Ratu Gede Dalem Ped. “Setiap ada upacara pujawali, umat Hindu Se-Bali tangkil ke Pura Ratu Gede Dalem Ped, sehingga perlu transportasi yang baik,” kata Koster.

Menurutnya, keberhasilan pembangunan pelabuhan yang monumental dan fundamental ini berkat adanya kebijakan mulia dari Presiden RI, Ir. Joko Widodo berdasarkan usulan dirinya yang disampaikan langsung di Istana Negara pada tanggal 22 April 2019.

Baca Juga:  Putri Koster “Belanja dan Berbagi” di Klungkung

Dalam kesempatan itu, Koster meminta Bupati Klungkung dan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Provinsi Bali dan Provinsi NTB untuk menata lingkungan pelabuhan ini menjadi tertib, bersih dan disiplin serta dikelola secara bagus guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Provinsi Bali dan Provinsi NTB Muiz Thohir melaporkan sesuai arahan Menteri Perhubungan bahwa peresmian Pelabuhan Segitiga Emas akan diresmikan secara bersamaan, dan diharapkan pelabuhan ini dapat dikelola oleh Badan Pelabuhan secara profesional, sehingga mudah – mudahan pelabuhan ini bisa berkembang dari skala nasional menuju internasional.

“Atas terwujudnya Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Gubernur Bali dan jajarannya, karena telah mendukung dengan baik. Mudah – mudahan bisa meningkatkan keamanan transportasi dan berdampak positif terhadap pemulihan pariwisata guna terwujudnya Bali Era Baru,” harapnya. (jus/kb)