Camat Gianyar Gelar Donor Darah, Pesanan Darah PMI Terpenuhi

Gianyar Sosial
Kegiatan donor darah di Kantor Camat Gianyar. (foto/ina)

GIANYAR, Kilasbali.com – Kebutuhan rata-rata 30 kantong dalam setiap harinya bukanlah hal yang mudah bagi PMI Gianyar untuk memenuhinya. Terlebih setiap harinya ada sejumlah pesanan darah dari sejumlah rumah sakit yang harus dilayani. Syukurnya, Rabu (6/4), PMI yang mendapatkan pesanan belasan kantong darah, langsung terpenuhi lantaran Camat Gianyar menggelar donor darah yang melibatkan staf camat, perangkat desa, TNI dan Polri.

Sedikitnya, 60 kantong darah terkumpul dalam kegiatan sosial ini. Meski demikian target 100 kantong darah belum bisa dipenuhi karena sejumlah calon donor batal lantaran kondisi kesehatannya. Camat Gianyar, Alit Adnyana mengatakan pihaknya mengambil kegiatan donor darah ini karena kegiatan ini sangat sarat akan rasa kemanusiaan. Dimana sekantong darah sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

“Kegiatan  minim mengeluarkan dana. Namun dampaknya sangat luar biasa mulia. Tidak hanya yang butuh darah, namun yang mendonorkan darahnya juga bisa merasakan manfaatnya karena langsung mendapat cek kesehatan gratis,” ujarnya seraya menambahkan bahwa kegiatan ini juga dalam rangka menyambut Hut ke 251 kota Gianyar.

Baca Juga:  Dewan Sorot Bangunan Pasar tak Berfungsi

Disebutkan, peserta donor darah berasal dari Koramil, Kapolsek, hingga perangkat desa se Kecamatan Gianyar  Namun, diakuinya ada sejumlah orang yang tidak bisa donor karena sedang mengkonsumsi obat atau tekanan darahnya tidak stabil atau yang lainnya. “Kegiatan ini juga menumbuhkan rasa donor adalah yadnya dengan target 100 kantong darah,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid ODD PMI Gianyar Luh Putu Wahyu Sukeantari mengatakan PMI Gianyar setiap harinya membutuhkan sedikitnya 30 kantong. Terlebih saat musim DB pasien membutuhkan banyak darah. “Tidak hanya di Gianyar darah juga kami barter ke Bangli dan Klungkung, agar stok tetap terjaga,” ujarnya.

Golongan darah yang paling banyak dibutuhkan adalah golongan darah O. Bahkan pada bulan Maret kemarin stok golongan darah O sangat tipis. “Kami harus menelepon para pendonor dan harus jemput bola agar stok tetap tersedia,” terangnya.

Baca Juga:  Kodam Udayana Sumbang Ratusan Kantong Darah dan Gelar Sentra Vaksinasi

Beruntung kata Wahyu, kegiatan di bulan April cukup banyak. Sehingga stok darah diperkirakan masih ada dibatas aman. “Bulan April ini kegiatan banyak. Acara donor juga banyak. Stok farah disimpan di UDD PMI Gianyar. Kami juga berterima kasih pada camat telah membantu mengadakan kegiatan donor ini,” tandasnya. (ina/kb)