Pemberdayaan Lahan Kosong untuk Kebutuhan Pokok

Gianyar Sosial Tokoh
Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Koster. (foto/hms)

GIANYAR, Kilasbali.com – Ketua TP PKK Provinsi Bali, Putri Koster mengapresiasi inovasi yang dibuat oleh TP PKK Gianyar tentang pemberdayaan lahan kosong untuk ditanami tumbuhan kebutuhan pokok. Karena hal itu sangat sejalan dengan salah satu program pokok PKK yaitu Hatinya PKK.

Yakni Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman, yang juga dilakukan secara masif oleh TP PKK Provinsi Bali sejak tahun 2018. Hal itu dikatakan Putri Koster saat peluncuran Pusat Pangan Alami Mandiri Asri dan Nyaman (Puspa Aman) di Kissidan Ecohill, Desa Sidan, Kabupaten Gianyar, Jumat (8/4).

Dikatakan, Hatinya PKK yang sudah digerakkannya dengan cara turun langsung ke desa-desa seluruh Bali sudah terbukti berhasil menjaga ketahanan pangan di tingkat keluarga. “Bayangkan saat cabe mahal, kita tidak risau karena sudah tanam duluan, begitu juga sekarang minyak mahal harusnya kita tidak terdampak jika punya kelapa, ya tinggal bikin minyak sendiri, malah lebih sehat,” katanya.

Baca Juga:  Dukung Pogram Pemerintah, Sidokkes Polres Tabanan Gelar Gerai Vaksin

Lanjutnya, saat ini dirangkaikan dengan Puspa Aman selain memanfaatkan lahan kosong di rumah, juga bisa menggunakan lahan tidak produktif di suatu desa untuk dikembangkan sebagai penghasil dalam memperbaiki gizi keluarga dan masyarakat sekaligus juga bisa digunakan sebagai tambahan penghasilan.

Ia berharap inovasi ini bisa ditularkan ke kabupaten lain, sehingga ketahanan pangan di Provinsi Bali pun segera tercapai. Hal itu juga sesuai dengan semangat visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali oleh Gubernur Wayan Koster, salah satunya bertujuan berdikari secara ekonomi. (jus/kb)