BirokrasiDenpasarSeni Budaya

Tumpek Landep, Pemkot Denpasar Gelar Upacara Jana Kerthi di Pura Agung Petilan

    DENPASAR, Kilasbali.com – Pemkot Denpasar menggelar Upacara Jana Kerthi dalam rangka memperingati Pitenget Tumpek Landep di Pura Agung Petilan Pangerebongan, Kesiman, Denpasar, Sabtu (9/4/2022).

    Upacara yang merupakan tindaklanjut SE Gubernur Bali Nomor 05 Tahun 2022 serta sebagai wujud sradha bhakti umat ini dihadiri Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Forkopimda Kota Denpasar serta Ketua MDA Kota Denpasar AA Ketut Sudiana.

    Baca Juga:  AMP NKRI dan ILDI Bali Gelar ‘Kartini Berdansa’ Lestarikan Warisan Budaya Nusantara

    Walikota Jaya Negara mengatakan Tumpek Landep merupakan hari suci yang dilaksanakan umat Hindu sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa dalam manifestasinya telah memberikan ketajaman pemikiran kepada manusia.

    Jaya Negara menjelaskan, upacara Jana Kerthi sebagai salah satu nilai adiluhung Sad Kerthi. Hal ini dilaksanakan untuk menyucikan dan memuliakan manusia. Sehingga perlu diperingati dan dirayakan seluruh masyarakat Bali pada Rahina Tumpek Landep.

    Baca Juga:  ASN Se-Bali Diminta Jaga Netralitas Pemilu

    “Peringatan ini merupakan wujud syukur dan terima kasih atas anugrah Ida Sang Hyang Widi Wasa yang telah memberikan ketajaman pikiran dalam melaksanakan kewajiban dan swadarma,” ujarnya

    Ia menambahkan, melalui peringatan Hari Tumpek Landep dengan Upacara Jana Kerthi diharapkan mampu menyeimbangkan alam semesta beserta isinya. Serta mampu memberikan kakuatan agar manusia senantiasa mulat sarira atau intrsospeksi diri.

    “Nilai-nilai adiluhung Sad Kerthi seperti keharmonisan antara alam, manusia, dan kebudayaan Bali yang meliputi tradisi, seni, budaya, hingga kearifan lokal secara sekala dan niskala, diharapkan dapat dipahami dan diterapkan disiplin dan penuh rasa tanggung jawab, oleh seluruh masyarakat Bali,” ujar Jaya Negara.(sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi