Rahina Tumpek Landep Pura Santi Laksanakan Odalan Terapkan Prokes Ketat

Gianyar News Update Seni Budaya
Suasana persembahyangan di Pura Santi, Tibekauh, Payangan Gianyar. (foto/dx)

GIANYAR, Kilasbali.com – Rahina Tumpek Landep Pura Santi Kawitan I Ratu Ngurah Agung Pasek Bandesa Panca Sanak Sapta Murti di Banjar Tibekauh, Melinggih Kelod Payangan, Gianyar melaksanakan Odalan pada Sabtu (9/4/2022) yang dipuput oleh Jro Mangku Gde Pura Santi, I Wayan Warnata.

Dalam pelaksanaan odalan tersebut, pemedek wajib mengikuti aturan prokes serta wajib menjaga kebersihan pura agar terbebas dari sampah, hal tersebut sebagai bentuk bagian panitia karya dalam mendukung pemerintah menuju Bali GO Green.

Ketua Panitia, Wayan Tagel Arjana menjelaskan untuk mencegah membludaknya ribuan penangkil di Pura mSanti, pihaknya mengatur skema persembahyangan, bahkan para penangkil diwajibkan mematuhi prokes yang telah ditetapkan Pemprov Bali. Tidak hanya itu saja, untuk melayani ribuan penangkil pihaknya sudah mempersiapkan 250 pemangku untuk memberikan wangsuh pada Ida Bhatara Kawitan selama dua hari.

Baca Juga:  Hadirkan Duta Besar India, Mahasiswa STMIK Primakara Ikuti Journey of India Dominating The Technology World

“Banyaknya penangkil yang mengikuti persembahyangan, untuk bisa berjalan lancar kami mengatur persembahyangan, agar mencegah terjadi keramian,” paparnya.

Lebih lanjut Tagel mengatakan, dipelaksanaan odalan untuk tetap menjaga kesucian pura, pemedek diharuskan ikut menjaga kebersihan pura, dengan tidak membuang sampah sembarangan usai melaksanakan persembahyangan, dan sampah plastik harus dibuang pada tempat yang telah disediakan disekitar pura.

Sementara Jro Bandesa Gede Pura Santi, I Wayan Suwita sangat mengapresiasi para penangkil, pengayah serta para pecalang yang mengikuti aturan prokes yang telah ditetapkan demi kelancaran pelaksanaan odalan di Pura Santi. Diakuinya era pandemi memang cukup berbeda dalam menjalankan odalan di pura. Sehingga pihaknya berharap, agar pandemi segera berlalu, dan pariwsata bisa kembali pulih dan roda perekonomian di Bali bisa kembali bangkit.

Baca Juga:  Oknum ASN Terjerat Narkoba Diberhentikan Sementara

“Saya apresiasi para petugas keamanan serta para pemedek dan pengayah pura, sudah melaksanakan pujawali dengan Prokes,” pungkasnya. (dx/kb)