Pemkot dan KPU Denpasar Siap Sukseskan Pemilu Serentak 2024

Denpasar Politik
Walikota Denpasar IGN Jaya Negara menerima kunjungan dari KPU Kota Denpasar. (foto/kb)

DENPASAR, Kilasbali.com – Walikota Denpasar IGN Jaya Negara menerima kunjungan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar, di Kantor Walikota Denpasar, Kamis (14/4/2022).

Pertemuan ini untuk membahas persiapan Pemilu serentak yang akan berlangsung tahun 2024 mendatang.

Ketua KPU Denpasar I Wayan Arsa Jaya menyampaikan dalam rangka mengawal pelaksanaan Pemilu, pihaknya wajib memberitahukan informasi terkait tahapan pemilu yang ditetapkan berlangsung pada 14 Februari 2024.

“Hal tersebut menjadi pijakan dan acuan kami dalam melakukan sinergitas kerjasama antar stakeholder terkait,” ucapnya.

Ia menambahkan masalah yang dihadapi KPU dalam pemilu sebelumnya seperti beberapa alamat di Kota Denpasar masih belum aktual sehingga menyulitkan melakukan pendataan di lapangan.

“Ada beberapa tahapan yang perlu kami koordinasikan kepada stake holder seperti Pemkot Denpasar dalam hal ini Disdukcapil,” bebernya.

Baca Juga:  'Matur Piuning' Jelang Hut Ke 65 Kodam IX/Udayana

Ia menjelaskan Pemilu 2024 akan digelar dua kali, yaitu Pilpres, Pileg dan Pilkada. Untuk Pilpres dan Pileg anggaran bersumber dari APBN sedangkan Pilkada berasal dari APBD.
Anggaran Pilkada tersebut bahkan sudah dirancang dan diajukan kepada Pemerintah Kota Denpasar sebesar Rp 43 miliar diluar anggaran pengawasan dan keamanan.

Menanggapi hal tersebut, Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengaku akan selalu mendukung terkait kesiapan dan mendampingi setiap pelaksanaan tahapan pemilu yang dilaksanakan oleh KPU.

“Pemilu ini merupakan agenda nasional yang wajib kami amankan sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman dan lancar. Kami harus selalu menjaga kekompakan untuk menjaga suhu politik yang tetap kondusif, namun yang namanya demokrasi pasti ada dinamika yang akan muncul di lapangan,” ujarnya.

Baca Juga:  Parkir Sembarangan, Dishub Denpasar Pasangi Stiker Kendaraan Pelanggar

Disamping itu pihaknya mengajak KPU untuk melibatkan masyarakat, seperti dalam pengadaan alat atau bahan bisa dilibatkan UKM lokal agar perekonomian bisa berputar di Kota Denpasar.

“Dalam hal ini kami mendukung penuh pelaksanaan Pemilu dan siap mensupport hajatan nasional tersebut,” pungkasnya.(sgt/kb)