DenpasarNews Update

Cegah DBD Kelurahan Panjer Fogging

    DENPASAR, Kilasbali.com – Mengantisipasi peningkatanan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), Kelurahan Panjer melakukan fogging di Jalan Tukad Irawadi Banjar Celuk Panjer dan sekitarnya, Sabtu (16/4/2022).

    “Dengan adanyanya fogging ini diharapkan tidak ada lagi warga yang terkena penyakit Demam Berdarah,” ucap Lurah Panjer I Putu Budi Ari Wibawa.

    Ia mengatakan fogging yang dilaksanakan kelurahan Panjer ini merupakan tindakan antisipasi atau pencegahan darl serangan Nyamuk Demam Berdarah. Sesuai dengan arahan Walikota Denpasar Kelurahan Lanjer berupaya untuk berpartisipasi dalam pencegahan DBD ini dengan melakukan fogging.

    “Sejatinya, fogging tidak bisa mengatasi permasalahan demam berdarah dengan tuntas, tapi masyarakat terlanjur merasa aman jika sudah dilakukan fogging,” imbuhnya.

    Baca Juga:  Mayasa Kerthi Laksanakan Dharma Agama dan Dharma Negara

    Pencegahan DBD ini menurutnya akan lebih efektif jika fogging diimbangi dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk, dengan 3M plus yaitu dengan menutup tempat penampungan air, menguras bak mandi dan tempat penampungan air sekurang-kurangnya seminggu sekali serta menimbun sampah-sampah dan lubang pohon yang berpotensi sebagai tempat perkembangan jentik nyamuk.

    Selain itu juga dapat dilakukan dengan melakukan tindakan plus seperti memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, menyemprot dengan insektisida, memasang obat nyamuk, memeriksa jentik nyamuk secara berkala serta tindakan lain yang sesuai dengan kondisi setempat.

    “Dengan usaha yang kami lakukan ini, kami harap perkembangan nyamuk demam berdarah bisa diminimalisir dan masyarakat bisa hidup sehat serta terhindar dari penyakit yang ditularkan oleh nyamuk ini,” harapnya.(sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi