DenpasarEkonomi BisnisSeni BudayaSosialTokoh

Kunjungi Galeri Keterampilan Persit, Rahma Dudung Borong Produk UMKM Kreatif

DENPASAR, Kilasbali.com – Di sela mengikuti agenda kunjungan kerja (kunker) Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, SE, MM, ke Prov8nsi Bali selama 4 hari (13-16 April 2022), Ketua Umum (Ketum) Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Rahma Dudung Abdurachman menyempatkan waktu untuk mengunjungi Galeri Keterampilan Persit KCK PD IX/Udayana di Ruang Stana Yudha, Makodam IX/Udayana, Denpasar, Kamis (14/4/2022).

Setiba di Makodam IX/Udayana, Rahma Dudung Abdurachman beserta rombongan disambut Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi, SIP, MSc, dan Aspers Kasdam IX/Udayana beserta para pengurus dan anggota Persit KCK PD IX/Udayana. Selanjutnya mengunjungi tiap stan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Persit KCK PD IX/Udayana yang memamerkan produk-produk unggulan yang dirintis oleh sejumlah prajurit dan Persit di jajaran Kodam IX/Udayana.

Saat meninjau stan milik Persit Koorcab Korem 163/Wira Satya (Bali), Ketum Persit KCK mengapresiasi kiprah dan talenta ibu-ibu Persit di Bali yang memiliki keterampilan andal di bidang seni dan kerajinan tangan seperti, pembuatan gebogan, lukisan wayang, aksesoris, pembuatan sofa dari limbah botol plastik, serta aneka ragam pembuatan kain tenun, rajutan, endek, bordir, dan kebaya Bali.

Baca Juga:  Tangkapan Lobster Jadi Berkah Akhir Tahun

Selain beberapa aneka citarasa kuliner makanan ringan dan minuman khas Bali juga dipamerkan dalam Galeri Keterampilan Persit tersebut seperti, camilan kripik (talas, kentang, singkong, dan usus), abon ayam dan Ikan, bola salju, sambal ikan pindang, beras merah, garlic, kacang, jamu tradisional, serta teh dan kopi khas Bali.

Turut dipamerkan, beragam kegiatan ekonomi kreatif dan inovatif dari Persit Koorcab Korem 162/Wira Bhakti (Mataram, Nusa Tenggara Barat/NTB) berupa beragam pernak-pernik aksesoris mutiara asli Lombok, kain tenun/songket Sumbawa, dan camilan khas NTB lainnya. Sementara, Persit Koorcab Korem 161/Wira Sakti (Kupang, Nusa Tenggara Timur/NTT) memamerkan produk kuliner sehat olahan daun kelor yang diproses menjadi camilan kripik, teh, dan bubuk kelor juga kain tenun khas NTT, tas tradisional dari kain kanvas, serta minyak VCO dan kerupuk kulit ikan asli Kupang.

Selain mengapresiasi kreativitas ibu-ibu Persit KCK PD IX/Udayana, Rahma Dudung Abdurachman juga memborong produk-produk kreatif dan inovatif dari anggota Persit yang dapat dijadikan contoh oleh keluarga prajurit lainnya dalam meningkatkan perekonomian keluarga prajurit.

Baca Juga:  RSUD Nyitdah Berubah Nama Jadi RSUD Singasana

“Dengan menggelar pameran-pameran seperti ini dan memanfaatkan teknologi dengan bijak, dapat menjadi wadah untuk memperluas pasar produk UMKM dari level lokal hingga internasional. Untuk itu, tetap jaga kesehatan, agar terus mampu beraktivitas melalui pengembangan UMKM dan memulihkan perekonomian,” saran Ketum Persit KCK Rahma Dudung Abdurachman. (djo/kb)

Berita Terkait

Back to top button