DenpasarSosial

Kodam IX/Udayana dan KBT Komitmen Jaga Pancasila dan NKRI

DENPASAR, Kiladbsli.com – Bertempat di Aula Udayana Makodam IX/Udayana, Denpasar, Selasa (19/4/2022), Kodam IX/Udayana melalui Staf Teritorial menggelar acara komunikasi sosial (komsos) bersama Keluarga Besar TNI (KBT) tingkat Provinsi Bali dengan mengusung tema “TNI AD dan Keluarga Besar TNI Satu Komitmen Menjaga Pancasila dan NKRI”.

Kegiatan komsos kali ini diikuti puluhan peserta perwakilan dari LVRI, Pepabri, PPAD, PNS Kodam IX/Udayana, Perip, KB FKPPI, GM FKPPI, Piveri, dan Dharma Pertiwi Daerah J.

Saat membuka acara tersebut, mewakili Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, SE, MM, Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Made Mahaparta, SIP, mengatakan, kegiatan komsos ini dimaksudkan sebagai ajang untuk mempererat silaturahmi dan menjalin komunikasi positif untuk menciptakan situasi keamanan yang kondusif bagi masyarakat Indonesia dan wilayah Bali khususnya.

Baca Juga:  Memberantas Korupsi Harus Mulai dari Diri Sendiri

Sesuai UU Nomor: 34/Tahun 2004 pasal 7, tentang TNI sebagai alat pertahanan negara memiliki tugas pokok antara lain, menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala bentuk ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Untuk tercapainya keberhasilan tugas pokok tersebut, TNI membangun kebersamaan dan keterpaduan dengan seluruh komponen bangsa melalui kegiatan pembinaan teritorial (binter) seperti melaksanakan kegiatan komsos dengan KBT. Melalui kegiatan ini, Kodam IX/Udayana berharap kepada KBT agar tetap menjaga soliditas dan sinergitas sebagai upaya cerminan organisasi pemuda KBT yang menjadikan Pancasila sebagai pedoman dan pegangan hidup untuk berkarya yang terbaik.

Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan materi tentang sinergitas dan harmonisasi TNI AD dengan KBT guna mengatasi kesulitan rakyat, Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) dan bahaya ancaman radikalisme terhadap NKRI, serta sosialisasi pentingnya nilai-nilai Pancasila yang disampaikan para Perwira Staf Teritorial Kodam IX/Udayana. (djo/kb)

Berita Terkait

Back to top button