Koramil Model Tingkatkan Profesionalisme Aparat Kewilayahan

Tabanan
Dandim 1619/Tabanan, Letkol Inf Ferry Adianto saat membuka pendayagunaan Koramil Model Semester I Ta 2022 di Koramil 1619-04/ Kediri, Tabanan, Selasa (19/4). jingga/kilasbali

TABANAN, Kilasbali.com – Dandim 1619/Tabanan membuka Pelaksanaan Kegiatan Pendayagunaan Koramil Model Semester I Ta. 2022, bertema ‘Pendayagunaan Koramil Model Tingkatkan Profesionalisme Aparat Kewilayahan Dalam Rangka Mendukung Tugas Pembinaan Teritorial di Satuan’, bertempat di Koramil 1619 – 04 /Kediri, Tabanan, Selasa (19/4).

Kegiatan dihadiri oleh Pasi Wanwil Siterrem 163/WSA, Mayor Inf I Gusti Made Sweda, Kasdim 1619/Tabanan, Mayor Inf I Dewa Putu Oka, Para Pasi jajaran Kodim 1619/Tabanan, Para Danramil jajaran Kodim 1619/Tabanan dan Peserta Koramil Model perwakilan masing-masing Kodim 5 orang dengan jumlah keseluruhan 40 orang.

Dandim menyampaikan pendayagunaan Koramil Model Semester I Ta. 2022 penting dilaksanakan, selain sebagai ajang silahturami juga sebagai kesempatan menyamakan pola pikir dan tindakan dalam menyelenggarakan kegiatan pendayagunaan koramil model, sehingga pelaksanaan kegiatan akan lebih efektif dan terarah pada tugas pokok satkowil serta tertib administrasi.

Baca Juga:  Polres Tabanan Ringkus Tujuh Tersangka Penyalahgunaan Narkoba

Lebih lanjut dikatakan, Koramil Model adalah Koramil yang memiliki kondisi mendekati ideal dan mewakili sebagian besar karakteristik wilayah Kodim jajaran Korem 163/Wira Satya, serta dijadikan percontohan bagi jajaran Koramil lainnya.

“Seiring dengan semakin meningkatnya tuntutan tugas para aparat komando kewilayahan saat ini akibat perkembangan situasi dan kondisi di masyarakat, maka semakin tinggi pula tuntutan perorangan maupun satuan di jajaran TNI AD,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk menyikapi kondisi tersebut, maka saat ini sedang dimaksimalkan peran koramil model di tiap Korem jajaran Kodam IX/ Udayana.

Baca Juga:  Gelorakan Senam Sicita, DPC PDI Perjuangan Gerakkan 1800 Lebih Masyarakat Tabanan

“Kebijakan pemberdayaaan koramil model merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas latihan teritorial yang diharapkan mampu untuk memberikan visualisasi pelaksanaan tugas binter secara aplikatif melalui penunjukan salah satu koramil sebagai wahana percontohan yang merepresentasikan keseluruhan kondisi wilayah disuatu Kodim jajaran korem 163/wira Satya,” lanjutnya.

Pendayagunaan Koramil Model difokuskan pada peningkatan sumber daya manusia apkowil yang telah bertugas sebagai Babinsa maupun personel baru yang akan bertugas di wilayah tanggung jawab suatu Kodim jajaran Korem 163/Wira Satya.

Disamping pelaksanaan tugas pokoknya sebagai satkowil, Koramil model juga menyelenggarakan berbagai kegiatan latihan yang bersifat pembekalan pendahuluan dan latihan berupa penyegaran aplikatif sehingga kompetensi babinsa di wilayah Kodim jajaran Korem 163/Wira Satya dapat senantiasa mampu mengimbangi dinamika kehidupan masyarakat di suatu wilayah.

Baca Juga:  Bantu Ungkap Pencurian Bebek, Kapolres Beri Rewards Bhabhinkamtibmas dan Masyarakat Tajen

Koramil model yang di miliki Kodim 1619/Tabanan, yang secara fungsi sama dengan koramil lainnya namun mempunyai tugas tambahan yaitu menyelenggarakan latihan dan pembekalan bagi anggota baru.

“Babinsa merupakan ujung tombak binter TNI AD, sehingga di harapkan mempunyai kemampuan teritorial dan dapat di aplikasikan di lapangan dalam tugas sehari hari, sehingga dapat melaksanakan tugas kewilayahan dengan baik serta terciptanya kemanunggalan TNI – Rakyat,” pungkasnya. (m/kb)