Tepis Isu Taruna Titipan, Sipencatar Poltrada Bali Gunakan Sistem

Gianyar News Update Pendidikan
Direktur Poltrada Bali, Efendhi Prih Raharjo

GIANYAR, Kilasbali.com – Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali menepis isu taruna baru banyak ‘titipan’ dari pejabat. Karena dalam Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) menggunakan sistem. Hasilnya langsung keluar, dan bisa dilihat langsung.

 

Direktur Poltrada Bali, Efendhi Prih Raharjo mengungkapkan, Sipencatar dilakukan secara akuntabel, transparan, dan menepis adanya isu suatu kolusi, serta nepotisme. Ditegaskan, hal tersebut yang harus dihilangkan supaya memberikan keadilan kepada seluruh masyarakat yang ingin memanfaatkan formasi yang telah didapatkan Poltrada Bali.

 

Baca Juga:  Vakum Dua Tahun, Bali Spirit Festival Kembali Digelar

“Jangan percaya dengan iming-iming orang yang bisa meloloskan dalam Sipencatar. Percayakan pada sistem yang ada,” tegasnya di Kampus Poltrada Gianyar, Jalan Batuyang No.109X, Batubulan Kangin, Sukawati, Gianyar, Kamis (21/4).

 

Pihaknya menduga, banyak oknum tak bertanggung jawab yang mengambil kesempatan memanfaatkan Sipencatar dengan iming-iming bisa lolos. Padahal tidak mengetahui dan tidak terlibat langsung. “Yang bisa menolong dalam Sipencatar ini hanya diri sendiri, termasuk juga doa dan restu kedua orang tua,” jelasnya.

 

Dalam kesempatan itu, Efendhi Prih Raharjo berpesan kepada para calon taruna menyiapkan diri dengan matang apabila ingin mendaftar. Karena seluruh tahapan akan keluar langsung nilainya. “Begitu juga kesehatan nilainya juga akan keluar langsung, kemudian tes psikologi juga hasilnya akan keluar dan dipertanggungjawabkan oleh lembaga yang ditunjuk,” bebernya.

 

Baca Juga:  Oknum ASN Terjerat Narkoba Diberhentikan Sementara

Sebelumnya, Efendhi Prih Raharjo menuturkan bahwa Poltrada Bali yang merupakan salah satu sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan memiliki dua kampus. Yakni di Gianyar dan Tabanan. Menurutnya, di tahun 2022 ini Kementerian Perhubungan mendapatkan alokasi sebanyak 3.350 formasi. Dan untuk Poltrada Bali sendiri, mendapatkan 144 formasi, yang dibagi ke dalam tiga prodi masing-masing diisi 48 taruna.

Baca Juga:  Antisipasi Virus PMK, Peternak Optimis Harga Babi Stabil

 

Yakni D III Manajemen Transportasi Jalan, D III Teknologi Mekanika Otomotif, dan D III Manajemen Logistik. Pendaftaran mulai 9-30 April 2022 yang dikoordinasikan oleh BKN. Calon Taruna yang mendaftar di Poltrada Bali per Rabu (20/4) sebanyak 1.067 pendaftar. Dari jumlah itu, yang baru memasukkan dokumen baru 285 calon per kemarin,” tandasnya. (jus/kb)