Ulun Danu Beratan Bergeliat, Kunjungan Turis 300 Orang per Hari

Ekonomi Bisnis Pariwisata Tabanan
Daerah Tujuan Wisata Ulun Danu Beratan. (Foto/ulun danu beratan)

TABANAN, Kilasbali.com – Daerah Tujuan Wisata (DTW) juga mulai menggeliat dikunjungi wisatawan mancanegara. Salah satunya DTW Pura Ulun Danu Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan. Tak hanya dari Negeri Kangguru Australia, turis asing juga datang dari Rusia hingga India.

Per hari mencapai 150 orang untuk kunjungan bule, sedangkan domestik mencapai 300 orang per hari. Bahkan di akhir pekan melonjak mencapai 500-600 orang.

Manajer DTW Ulun Danu Beratan, I Wayan Mustika mengatakan, sejak diberlakukannya kebijakan Visa on Arrival (VoA), bebas karantina, serta bebas Swab PCR kunjungan wisatawan melonjak drastis.

“Biasanya domestik ramai di akhir pekan, hari Sabtu dan Minggu. Melonjak drastis,” tuturnya.

Wisatawan asing tampak berfoto di Ulun Danu Beratan. (foto/kilasbali)

Pihaknya tak menampik, wisatawan yang datang itu mengaku sangat rindu dengan Bali. Khususnya menikmati kembali panorama di DTW ini. “Wisatawan tak perlu khawatir datang ke Ulun Danu Beratan. Karena kami sangat ketat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Mustika membeberkan, untuk kenyamanan dan keamanan wisatawan mancanegara, tiga orang sekuriti bertugas berkeliling secara berkala. Mengingatkan untuk selalu menjaga protokol kesehatan.

Baca Juga:  Polres Tabanan Ringkus Tujuh Tersangka Penyalahgunaan Narkoba

“Turis asing banyak yang datang itu kebanyakan lepas masker. Dari itu kami memberikan masker gratis,” imbuhnya.

Untuk diketahui, DTW Ulun Danu Beratan ini menyajikan panorama pura di tengah danau dengan dikelilingi gunung. DTW pun ini menjadi ikon Bali, sehingga tak lengkap jika berlibur ke Pura Seribu Pura ini tanpa mengunjungi objek wisata ini.

Wisatawan asing tampak berfoto di Ulun Danu Beratan. (foto/kilasbali)

Pura Ulun Danu Beratan ini terdiri dari lima kompleks candi dan satu Stupa Buddha, yaitu: Pura Penataran Agung, Pura Dalem Purwa, Pura Taman Beji, Pura Lingga Petak yang terletak di tengah Danau Beratan, Candi Prajapati, dan Stupa Buddha.

Menurut sejarahnya, Pura ini dibangun oleh I Gusti Agung Putu pada tahun 1556 Saka 1634 M dan diempon oleh satakan.

Secara geografis, Pura Ulun Danu Beratan terletak kurang lebih 1200 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh pemandangan alam pegunungan yang indah dengan udara yang segar.

 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun. (foto/kilasbali)

Kelonggaran Bagi Wisatawan Asing

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun menyampaikan bahwa kunjungan wisatawan asing yang mulai menggeliat itu karena kelonggaran yang diberikan pemerintah.

Baca Juga:  Pantai Berawa Ditata, Satpol PP Kerahkan Excavator Bongkar Warung

Mulai dari Visa on Arrival (VoA), bebas karantina, serta bebas Swab PCR bagi mereka yang telah mengikuti vaksinasi hingga tiga kali alias booster.

“Biaya VoA hanya Rp 500 ribu per orang, baik orang dewasa maupun anak-anak. VoA berhak untuk satu kali masuk ke Bali atau Indonesia berlaku selama 30 hari dan dapat diperpanjang maksimal 1 kali di Kantor Imigrasi,” jelas Tjok Bagus.

Bali sendiri, lanjut Tjok Bagus, sangat aman dan nyaman untuk dikunjungi. Mengingat capaian vaksinasi tertinggi di Indonesia. Bahkan sebagian telah mengikuti booster. “Jadi jangan khawatir untuk datang dan berlibur ke Bali,” ungkap.

Dalam kesempatan itu, Tjok Bagus juga menyampaikan kunjungan wisatawan pascakebijakan pelonggaran tersebut terus meningkat. “Data total penerimaan VoA dari tanggal 7 Maret 2022 – 22 April 2022 sebanyak 37.877 orang,” jelasnya.

Menurutnya, Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) ke Bali dari tanggal 3 Pebruari hingga 22 April 2022 mencapai 66.077 orang. Dari jumlah itu, WNA sebanyak 56.869 orang, sedangkan WNI 9.208 orang.

Baca Juga:  Semangat Membangun Krama Pasek Toh Jiwa Diapresiasi Bupati Sanjaya

“Jumlah penerbangan ke Bali sebanyak 317 penerbangan. Yakni dari Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Jetstar Asia, Scoot Tiger Air, Klm Royal Dutch,  Malaysia Airlines, Air Asia Benhard, Jet Star Airways, Turkish Airlines, Qantas Airlines,” tandasnya.

 

Salah satu spot foto di Ulun Danu Beratan. (foto/kilasbali)

Rute Penerbangan Internasional PPLN ke Bali:

1. Narita – Denpasar (NAR-DPS), Garuda Indonesia satu kali seminggu

2. Singapura – Denpasar (SIN- DPS), Singapore Airlines setiap hari

3. Sydney – Denpasar (SYD-DPS), Garuda Indonesia satu kali seminggu

4. MELBOURNE –DENPASAR (MEL-DPS), Jetstar Airways setiap hari

5. Perth –Denpasar (PERTH-DPS), Jetstar Airways setiap hari

6. Kuala Lumpur – Denpasar (KUL- DPS), Malaysia Airlines tiga kali seminggu

7. Dilli – Denpasar (DIL-DPS), carter

8. Doha – Denpasar (DOH-DPS), Qatar Airways empat kali seminggu

9. Istambul – Denpasar (IST – DPS), Turkish Airlines tiga kali seminggu

10. Don Muang/Bangkok – Denpasar (DMK-DPS), Airasia Thai dua kali seminggu

11. Melbourne – Denpasar (MEL-DPS), Qantas Airlines tiga kali seminggu

 

(jus/kilasbali.com)