Pastikan Tertib Berlalulintas, Kodim 1619/Tabanan Periksa Surat-surat dan Kondisi Kendaraan Anggota

Birokrasi Tabanan
Suasana pemeriksaan surat-surat kendaraan di Makodim 1619/Tabanan. (Foto/Arta).

TABANAN, Kilasbali.com-Kodim 1619/Tabanan secara rutin melaksanakan pemeriksaan kendaraan baik kendaraan dinas maupun pribadi yang digunakan personel militer maupun PNS dalam bertugas dan beraktifitas sehari-hari. Hal tersebut bertujuan agar prajurit TNI wajib tertib didalam berlalulintas sebagai upaya pengamanan personel dan materiil.

Pemeriksaan kendaraan meliputi kendaraan roda 2, roda 4 dan truck. Pengecekan surat-surat kelengkapan pribadi seperti SIM Umum, Dinas dan KTA . Selain itu juga kelengkapan surat kendaraan STNK dan kelengkapan kendaraan, kondisi kendaraan, kondisi ban dan kelengkapan berkendara lainnya.

Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan staf intelijen bersama staf logistik dan provoost Kodim seperti yang dilaksanakan pada apel pengecekan kendaraan di Makodim, pada Selasa (26/4/2022)

Baca Juga:  Dukung Pogram Pemerintah, Sidokkes Polres Tabanan Gelar Gerai Vaksin

Kegiatan pengecekan kendaraan dipantau langsung oleh Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Ferry Adianto S.I.P didampingi Kasdim Mayor Inf Dewa Putu Oka, Pasi Intel Kapten Inf I Ketut Suparta dan Pasilog Kapten Inf I Nengah Sudiana.

Menurut Pasi Inteldim 1619/Tabanan, Kapten Inf I Ketut Suparta seijin Dandim menyampaikan, bahwa kegiatan pemeriksaan kendaraan ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam rangka pengamanan personel dan materiil satuan yang dipertanggungjawabkan dan menegakkan disiplin dalam berlalulintas. “Prajurit TNI wajib disiplin berlalulintas dan melengkapi surat-surat sesuai ketentuan yang berlaku termasuk kelengkapan kendaraan seperti lampu sen, lampu depan, spion, lampu rem, kondisi ban dan kelengkapan kendaraan lainnya sehingga layak beroprasi dan mentaati aturan-aturan lalulintas,” jelasnya.

“Sementara dalam pemeriksaan ini sudah kita laksanakan pengecekan surat-surat berupa SIM dan KTA dan masih sesuai dengan ketentuan sementara untuk KTA (kartu tanda anggota TNI) nanti agar yang masih KTA lama agar segera diperbaharui dan kelengkapan kendaraan hasil pengecekan masih sesuai dengan ketentuan,” tambahnya.

Baca Juga:  Gelorakan Senam Sicita, DPC PDI Perjuangan Gerakkan 1800 Lebih Masyarakat Tabanan

Diharapkan kegiatan ini dapat meminimalisir pelanggaran-pelanggaran lalulintas dan mengurangi resiko kecelakaan lalulintas terhadap personel TNI dan PNS Kodim 1619/Tabanan. “Kegiatan ini rutin kita laksanakan sesuai dengan program bidang pengamanan,” pungkasnya. (m/*KB).