CeremonialDenpasarHiburanNews UpdateSeni Budaya

Hari Tari Sedunia Siap Jadi Event Tahunan

    DENPASAR, Kilasbali.com – Peringatan Hari Tari Sedunia di Kota Denpasar yang melibatkan 1300 seniman menari selama 12 jam bertajuk “Naluriku Menari” (NAME) dibuka Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara, Jumat (29/4/2022) di Gedung Kreatif Hub Dharma Negara Alaya (DNA) Lumintang Denpasar.

    Acara ini digelar selama dua hari dari 28-29 April dibuka di depan loby Dharma Negara Alaya dimeriahkan dengan Tari Pendet dari anak-anak sanggar seni Denpasar, dan tari Kolaborasi dari komunitas seni Naluri Manca.
    Hadir dalam kegiatan ini Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua TP PKK Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara, istri Wakil Walikota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Denpasar, IA Widnyani Wiradana, serta Pimpinan OPD terkait Pemkot Denpasar.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Gandeng Bulog, Siapkan 32 Ton untuk Operasi Pasar

    Walikota Jaya Negara menyampaikan apresiasi kepada para seniman yang telah terlibat dalam peringatan Hari Tari Sedunia yang berkolaborasi dengan komunitas seni Naluri Manca dan Forum Komunikasi Osis Denpasar.

    “Acara ini menjadi salah satu agenda membangkitkan perekonomian dan kunjungan pariwisata serta memberikan ruang kreatifitas kepada para seniman,” ujar Jaya Negara.

    Lebih lanjut disampaikan bahwa kebudayaan menjadi spirit kreatifitas baik penciptaan maupun pelestarian. Sehingga acara peringatan Hari Tari Sedunia yang melibatkan 1300 seniman dari berbagai jenis tarian yang mengisi seluruh pojok ruangan Dharma Negara Alaya yang memberikan ekspresi dari spirit “Vasudhaiva Kutumbakam” sebagai konsep menyama braya yang dalam gelaran ini dirancang secara bergotong royong.

    “Sehingga kedepan dari kegiatan ini akan kita siapkan sebagai event tahunan di Kota Denpasar. Disamping itu bahwa konsep kota kreatif pada Kota Denpasar sebagai kota yang hidup. Hal ini memberikan kesadaran yang dinamis terhadap sumber daya alam untuk menggugah inovasi, sumber daya manusia untuk menggugah dinamika kultur dan sumber daya spiritual untuk menggugah kreasi,” ujarnya.

    Sementara Kadis Pariwisata Kota Denpasar, Dezire Mulyani menyampiakan peringatan Hari Tari Sedunia di DNA dikemas berbeda. Tidak saja mempersembahkan berbagai jenis tarian, namun juga melibatkan ruang pameran bagi UMKM seni yang ada, perfilman, puisi, dan sarasehan seni.

    Baca Juga:  Muliartha Kembali Dikukuhkan Sebagai Ketua PWRI Bali 2024-2029

    “DNA Kreatif Hub menjadi tempat yang cocok untuk penyelenggarana acara ini, dengan harapan dapat membangkitkan, memfasilitasi dan memberikan ruang-ruang kreatif bagi seluruh genre tari dari berbagai kalangan seni tari se-Nasional,” ujarnya.

    Salah satu penari asal Jogjakarta, Asti Oktavia yang ikut terlibat dalam peringatan Hari Tari Sedunia menyampaikan di Denpasar sangat seru dan banyak genre tarian yang di suguhkan.

    “Ini sebagai udara segar dalam situasi pandemi ini dapat digelar Peringatan Hari Tari Sedunia di DNA yang memberikan ruang kreatifitas dan sangat mendapatkan sebuah kehidupan dapat terlibat,” ujarnya.
    Disampaikan juga bahwa keikutsertaanya membawakan tarian klasik asal Jogjakarta berjudul “Sesanti Mengayu Hayu” menceritakan tentang wanita yang sedang bersolek dan berdoa.

    Baca Juga:  Diprediksi Meningkat Kunjungan Wisatawan ke Tanah Lot Selama Bulan Ramadan

    “Terima kasih Pemkot Denpasar yang telah mengundang saya turut serta dalam kegiatan ini dan semoga kedepan kesenian khsusunya tari dapat di kenal dunia,” ujarnya.(sgt/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi