Purana Wellness, Teten: UMKM Tulang Punggung Perekonomian Nasional

Denpasar
Menteri Teten saat memberikan keterangan kepada awak media. foto/jus

DENPASAR, Kilasbali.com – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki mengunjungi Purana Wellness by Griya Sehat Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Bali, di Jalan Sangalangit, Tembau Penatih, Denpasar, Jumat (6/5).

Purana Wellness ini, merupakan pusat untuk mempelajari kearifan lokal yang bersumber dari sastra. Purana Wellness ini bermakna sebagai kebugaran berdasarkan lontar Bali kuno, melestarikan ramuan leluhur kehidupan orang Bali.

Teten Masduki menyampaikan, saat ini Kementerian Koperasi dan UKM sedang menata ekosistem untuk tumbuh berkembang koperasi dan UMKM. Mulai dari akses permodalan hingga teknologi.

Baca Juga:  Hadirkan Duta Besar India, Mahasiswa STMIK Primakara Ikuti Journey of India Dominating The Technology World

“UMKM tidak lagi dipandang ekosistem rumah tangga, karena faktanya UMKM penopang ekonomi nasional,” ungkapnya.

Namun, lanjut dia, potensi yang luar biasa ini tidak pernah dilihat serius. Padahal 96 persen lapangan pekerjaan ada di UMKM. “Koperasi dan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Unhi, Prof Damriyasa menyampaikan bahwa kedatangan menteri ke Unhi merupakan pertanda baik. “Paling tidak Pak Teten ingat Unhi,” kata Damriyasa menyambut kedatangan Teten Masduki di Aula Indraprasta, Unhi Bali.

Baca Juga:  Revolusi Mental Penanaman 10 Juta Pohon

Damriyasa merasa sangat terhormat dengan kedatangan Teten. Karena Unhi saat ini fokus mengembangkan Bali Wellness.

Selain itu, lanjut dia, Unhi memiliki banyak program dalam membangkitkan UMKM akibat pandemi Covid-19 yang melanda sejak medio Maret 2022. “Kedatangan pak menteri menjadi tanda kebangkitan Pariwisata di Bali,” katanya. (jus/kb)