Denpasar Zona Hijau

Denpasar News Update
Peta Resiko sebaran Covid-19 di Kota Denpasar. foto/satgas

DENPASAR, Kilasbali.com – Sudah hampir dua minggu, semua desa/kelurahan yang berjumlah 43 di Kota Denpasar berada dalam zona hijau penularan Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, Sabtu (7/5/2022) mengatakan selain semua wilayah sudah zona hijau, hanya ada 5 desa/kelurahan yang masih memiliki kasus aktif Covid-19.

“Sisanya sudah nol kasus. Jadi 38 desa/kelurahan sudah nol kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar,” kata Dewa Rai.

Adapun 5 desa/kelurahan yang masih memiliki kasus aktif yakni Kelurahan Padangsambian dengan 1 kasus, Padangsambian Kelod 1 kasus, Pedungan 2 kasus, Renon 1 kasus, serta Kelurahan Sanur 2 kasus.

“Meskipun semua wilayah sudah zona hijau, namun kasus masih ada. Jadi prokes itu tetap. Jangan sampai meledak lagi kasusnya gara-gara abai prokes,” katanya.

Selain itu, cakupan vaksinasi booster di Kota Denpasar menempati urutan tertinggi di Bali. Berdasarkan data terakhir, adapun persentasenya sudah mencapai 87,2 persen.
Dimana dari jumlah ini, kini 439.357 warga yang sudah divaksin booster. Adapun target untuk vaksin booster di Kota Denpasar yakni 503.619 orang.

Baca Juga:  Jelang G20, Sai Rescue Lakukan Persiapan Diri

Ia mengatakan untuk pelaksanaan vaksin booster ini sudah ada 40 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang ada di Denpasar.

“Warga yang ingin melakukan vaksin booster bisa langsung datang ke masing-masing fasyankes terdekat,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan vaksinasi dengan menyasar banjar-banjar hingga door to door ke rumah-rumah bagi warga lansia ataupun disabilitas.

Baca Juga:  Pantai Berawa Ditata, Satpol PP Kerahkan Excavator Bongkar Warung

“Kami juga bekerjasama dengan beberapa lembaga baik dari TNI, Kepolisian, BIN, hingga komunitas-komunitas untuk melaksanakan vaksin booster ini,” katanya.

Ia menambahkan vaksin booster ini hanya dapat diberikan dengan jeda waktu minimal 3 bulan dari dosis kedua. Dengan adanya kebijakan wisatawan tanpa karantina pihaknya mengaku semakin menggencarkan pelaksanaan vaksinasi booster di Denpasar.

Baca Juga:  Hardiknas dan Harkitnas, Disdikpora Buleleng Juara Lomba Website Pemkab

Selain vaksinasi booster, vaksinasi dosis pertama dan kedua di Denpasar juga memiliki cakupan yang tinggi. Untuk vaksinasi dosis pertama telah menyasar sebanyak 959.578 orang dengan persentase 151,9 persen. Sedangkan dosis kedua sudah mencanyasar 880.284 orang atau 139,3 persen.(sgt/kb)