427 Peserta Ikuti Festival Nyurat Aksara Bali

Denpasar Pendidikan

DENPASAR, Kilasbali.com – Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka Festival Nyurat Aksara Bali tingkat SD se-Kota Denpasar yang digelar Yayasan Dwijendra, di Dharma Negara Alaya, Rabu (11/5/2022).

Ketua Yayasan Dwijendra Ketut Wirawan menjelaskan, bahasa daerah di Indonesia dihormati sebagai kekayan budaya nasional. Bahasa, aksara dan sastra Bali merupakan bagian dari peradaban yang tinggi. Sehingga secara berkelanjutan penting untuk dilestarikan. Festival kali ini diikuti oleh 427 peserta yang merupakan siswa SD di Kota Denpasar.

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan lewat kegiatan ini secara langsung mendukung visi Denpasar sebagai Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju. Hal ini khususnya misi kelima yakni menguatkan jati diri dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan kebudayaan Bali.

Baca Juga:  Tata Busana Adat Payas Utama dan Payas Madya

Jaya Negara menjelaskan, tantangan masyarakat di era globalisasi dan digitalisasi ini sangat kompleks. Dimana, perkembangan zaman dan pesatnya pertumbuhan teknologi harus diimbangi dengan penguatan jati diri, terutama kebudayaan Bali.

“Melalui lomba ini anak-anak kembali dperkenalkan akar budaya, sehingga dapat kukuh dengan jati diri, tentu kami berikan apresiasi dan mengajak seluruh stakeholder di Kota Denpasar agar bersama-sama menguatkan jati diri dan budaya,”ujar Jaya Negara.(sgt/kb)