Amankan Ngaben, Intensifkan Sipandu Beradat

Gianyar News Update Peristiwa Seni Budaya
Polsek Blahbatuh dan pecalang kolaborasi amankan upacara ngaben. Foto/ina

GIANYAR, Kilasbali.com – Upaya aparat kepolisian dalam mewujudkan rasa aman, nyaman di masyarakat terus berdinamika. Terlebih di Bali, kegiatan adat yang selalu mewarnai aktivitas masyarakat, kini disikapi dengan Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat atau yang dikenal sebagai Sipandu Beradat.

Di Blahbatuh, Kamis (12/5), Sipandu Beradat ini diintensifkan dalam pelaksanaan prosesi ngaben.

Pantauan di Kuburan Adat Blahbatuh, jajaran Polsek Blahbatuh bersama Pecalang Adat Blahbatuh bersinergi melaksanakan pengamanan dan pengawalan kegiatan Upacara Pitra Yadnya.

Baca Juga:  NIK Jadi NPWP Wajib Pajak Pribadi

Tampak dalam pantuan Bhabinkamtibmas Blahbatuh Aiptu I Gusti Putu Arya Bawa dan sejumlah Personel Samapta berkolaborasi dengan pecalang  turun ke jalan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Upacara yang dilaksanakan hari ini merupakan kegiatan Pitra Yadnya dari masyarakat Banjar Pande, Blahbatuh,” ungkap Bhabin Arya Bawa

Secara terpisah, Kapolsek Blahbatuh Kompol I Ketut Suharto Giri menyebutkan jika kegiatan pengamanan dan pengaturan lalu lintas hari ini dilaksanakan oleh personelnya bersama pecalang.

Baca Juga:  Oknum ASN Kesbangpol Gianyar Ditangkap Bawa Ganja dan Sabu-Sabu

Lebih lanjut dirinya menjelaskan Sipandu Beradat memiliki tujuan untuk menciptakan sinergitas yang erat “Outputnya adalah Kamtibmas yang Kondusif,” ucapnya.

Lanjutnya, program ini merupakan wujud implementasi Perda Provinsi Bali No. 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 26 Tahun 2020, tentang Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat.

Dalam hal ini, disebutkan jika pecalang merupakan bentuk pengamanan tradisional masyarakat Bali yang memiliki peran penting dalam menjaga wilayah adatnya.

Baca Juga:  Dewan Sorot Bangunan Pasar tak Berfungsi

“Kolaborasi kami dengan pecalang dalam hal pengamanan dan Harkamtibmas terjalin sangat baik, Terlebih pada masa Pandemi ini peranan pecalang juga ikut mengingatkan warganya untuk tetap disiplin terapkan Prokes,” pungkas Kompol Suharto Giri. (ina/kb)