Tanam Pohon Bambu Tangkal Erosi Bantaran Tukad Badung

Denpasar Sosial
Pemerintah Kelurahan Pemecutan melakukan giat kebersihan di Bantaran Tukad Badung. foto/sgt

DENPASAR, Kilasbali.com – Serangkaian Peringatan Rahina Tumpek Wariga, Pemerintah Kelurahan Pemecutan melakukan aksi kebersihan di Jalan Bukit Barisan dan penanaman pohon Bambu di Area Bantaran Tukad Badung, Jumat (13/5/2022).

Kegiatan diikuti oleh seluruh pegawai Kelurahan, Kepala Lingkungan, Juru Pemantau Jentik (Jumantik) , Tim Reaksi Cepat Kebersihan, Bapak Angkat Kebersihan dari Inspektorat Kota Denpasar serta komunitas Kerti Bali Sejahtera (KBS) dan masyarakat sekitar.

Lurah Pemecutan, Ida Bagus Agung Upawana Manuaba mengatakan pihaknya juga melakukan sejumlah kegiatan seperti pemungutan sampah plastik dan penanaman pohon di bantaran sungai.

Baca Juga:  Grand Final Lomba Barista Kopi Bali, Mixologi Arak Bali dan Kuliner Pendamping Beras, Rangkaian HUT ke-49 PDIP Bali

“Karena kondisi bantaran sungai yang kurang baik akibat tergerus arus sungai, kami melakukan penanaman pohon bambu berdasarkan hasil konsultasi dengan Komunitas Peduli Sungai (KPS) Denpasar beberapa hari yang lalu. Akar bambu terbukti cukup kuat untuk menahan laju erosi arus sungai sehingga harapannya bantaran sungai bisa terselamatkan, ” katanya.

Ia berharap penanaman pohon tersebut mampu menjadi solusi untuk menyelamatkan bantaran sungai dari erosi.

“Sekaligus juga warga bisa menjaga lingkungan tetap bersih dan lestari dengan menanam pohon penghijauan disekitar rumah sebagai produsen udara yg bersih,” imbuhnya.(sgt/kb)