Kodam Udayana Sumbang Ratusan Kantong Darah dan Gelar Sentra Vaksinasi

Badung Sosial
VAKSINASI - Didampingi Ketua Perempuan Jenggala Vicky Widyani Kartiwa, Kakesdam IX/Udayana Kolonel Ckm dr Jusron Iriawan, Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Tatan Ardianto meninjau pelaksanaan vaksinasi dan donor darah di Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Sempidi, Kabupaten Badung, Sabtu (14/5/2022). Kilasbali/djo

SEMPIDI, Kilasbali.com – Memperingati HUT ke-65 Kodam IX/Udayana pada 27 Mei 2022 mendatang, pihak Kodam IX/Udayana menggandeng Perempuan Jenggala dan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) berupa vaksinasi dan donor darah di Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Sempidi, Kabupaten Badung, Sabtu (14/5/2022).

Mewakili sekaligus membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, SE, MM, Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Tatan Ardianto, SIP, menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada ketua, para pengurus dan anggota Perempuan Jenggala, PMI Provinsi Bali, dan paramedis serta ratusan peserta vaksinasi dan donor darah atas partisipasi dan kesediaannya dalam kegiatan kali ini.

“Kegiatan bakti sosial vaksinasi dan donor darah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Kodam IX/Udayana bersama Perempuan Jenggala untuk mendukung program pemerintah dalam upaya membantu kesulitan masyarakat guna memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat di wilayah Kodam IX/Udayana,” jelas Pangdam dalam sumbutannya.

Baca Juga:  Terseret Arus, Pelajar Ditemukan Meninggal

Kegiatan donor darah kali ini menargetkan 300 kantong darah untuk mendukung pemenuhan terkait ketersediaan darah di wilayah Kodam IX/Udayana, khususnya di Provinsi Bali. Terlebih, selama pandemi Covid-19, jumlah cadangan darah yang tersedia cenderung menurun, sedangkan kebutuhan darah bagi masyarakat terus meningkat.

Ucapan terima kasih juga ditujukan kepada para pendonor yang dengan sukarela dan tulus ikhlas menyumbangkan darahnya untuk meringankan beban penderitaan orang lain yang membutuhkan darah, sesuai slogan “Setetes darah sangat berarti bagi nyawa seseorang”. Sehingga, Pangdam mengajak masyarakat untuk menjadikan donor darah sebagai gaya hidup yang menyehatkan, karena memiliki manfaat positif bagi pendonor untuk menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat badan, mendapatkan kesehatan psikologis, dan mendeteksi penyakit serius secara dini.

Sementara, Ketua Perempuan Jenggala Vicky Widyani Kartiwa mengatakan, sebagai organisasi sosial, Perempuan Jenggala tergerak untuk membantu pemerintah dalam pemulihan pandemi Covid-19, mempercepat vaksinasi Covid-19, dan mendapatkan stok ketersediaan darah yang cukup. Juga mendukung program Bali Bangkit untuk pemulihan ekonomi dan pariwisata Bali, serta turut menyukseskan perhelatan akbar penyelenggaraan KTT G20 di Bali, November 2022 mendatang.

Baca Juga:  Paguyuban Pengayah Nusantara Bantu Umat dan Masyarakat

Turut hadir Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam IX/Udayana, LO AL, LO AU, beberapa Komandan/Kabalakdam IX/Udayana, Kasiter Korem 163/Wira Satya, Biddokkes Polda Bali, Ketua DPRD Badung, Kadiskes Pemkab Badung, sejumlan pengurus dan anggota dari Perempuan Jenggala dan PMI Provinsi Bali, serta puluhan tamu undangan terkait lainnya. (djo/kb)