Ekonomi BisnisGianyarPolitik

Dewan Sorot Bangunan Pasar tak Berfungsi

GIANYAR, Kilasbali.com – Di saat Pemkab Gianyar secara marathon membangun pasar, rupanya ada bangunan pasar yang tidak pernah difungsikan setelah selesai dibangunan. Kondisi ini pun menuai soroatan kalangan anggota DPRD Gianyar. Bangunan yang dimaksud berlokasi di Pasar Rakyat Blahbatuh, sebelah barang lapangan Astina Blahbatuh.

Diketahui jika bangunan tersebut sejak selesai sekitar tahun 2019. Namun hingga kini tidak pernah beroperasi. Kondisi ini menjadi sorotan Anggota DPRD Gianyar, I Gusti Ngurah Agung Kapidada.

Disebutkan, pasca Pasar Umum Blahbatuh terbakar, harusnya bangunan pasar tersebut bisa dimanfaatkan untuk para pedagang. Namun sayang hingga kini seperti tidak beroperasi. “Harusnya itu bisa dimanfaatkan untuk masyarakat kita,” ujarnya.

Baca Juga:  Waterbom Bukit Jati Kemungkinkan "Berplat Merah" Lagi

Ia pun mengaku hingga kini belum mengatahui leding sektor pasar tersebut di dinas mana. Ia berencana akan membawa ke rapat, agar bangunan ini secepatnya bisa difungsikan. “Apakah ini disperindag, PUPR, Desa atau dimana, biar sama-sama kita kawal, agar masyarakat bisa memanfaatkan,” jelasnya anggota Komisi dua DPRD Gianyar ini.

Sepengetahuan Kapidada, bangunan pasar tersebut dibangun tahun 2019. Banyak berisi sekat untuk pedagang. “Waktu monev mencari tempat relokasi pedagang pasca kebakaran kita sempat masuk kedalamnya. Di Dalamnya bagus, hanya tinggal pakai saja,” ujarnya.

Sementara Camat Blahbatuh, I Wayan Gede Eka Putra mengatakan, pasar tersebut telah beroperasi diperuntukan untuk pedagang daging. “Sudah beroperasi nike, untuk pedagang daging,” ujarnya.

Baca Juga:  Pantau Pelayanan Samsat Denpasar, Koster Tampung Usulan Diskon Pajak 

Penelusuran dilapangan, pasar tersebut merupakan dibangun atas kerjasama kementerian perdagangan RI dan pemerintah kabupaten Gianyar melalui dana tugas pembantuan. Di Dalam bangunan pasar tersebut terdapat sejumlah los dan kios.

Lokasinya tidak begitu jauh dari pemukiman. Akses dari jalan raya juga tidak cukup jauh. “Sepi pak, tidak ada yang mau berjualan disini. Kata mereka disini sepi. Mereka memilih keluar dari lokasi pasar,” ujar salah seorang petugas di pasar tersebut. (ina/kb)

Berita Terkait

Back to top button