OlahragaPolitikSeni BudayaTabanan

Gelorakan Senam Sicita, DPC PDI Perjuangan Gerakkan 1800 Lebih Masyarakat Tabanan

TABANAN, Kilasbali.com – PDI Perjuangan menggelar senam Sicita (Senam Indonesia Cinta Tanah Air) secara serentak dalam menyambut hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2022 di seluruh kabupaten, kota dan provinsi di Indonesia.

Senam Sicita yang melibatkan ratusan ribu kader dan simpatisan serta warga masyarakat ini akan dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai senam dengan jumlah peserta terbanyak yang dilaksanakan secara serentak dengan metode hybrid di tanah air.

DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tabanan, dipimpin langsung oleh I Komang Gede Sanjaya selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Tabanan, Ketua DPRD Tabanan, dengan diikuti oleh seluruh Anggota dan Kader Partai PDI Perjuangan di Tabanan, turut menggerakkan 1800 lebih masyarakat Tabanan serentak untuk berpartisipasi langsung dalam kegiatan senam Sicita ini.

Puncak kegiatan peringatan hari Kebangkitan Nasional dan Pemecahan Rekor MURI diadakan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat dipimpin Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bersama sejumlah fungsionaris partai.

Pemecahan rekor MURI ditandai dengan kegiatan senam Sicita secara serentak di seluruh kabupaten, kota dan provinsi pada pukul 07.00 WIB, 08.00 WIB dan 09.00 WIB dan disiarkan melalui aplikasi Zoom dan YouTube serta aplikasi media sosial lainnya.

Senam Sicita adalah sebuah gerak senam dan musik yang diciptakan oleh Panitia HUT ke-49 PDI Perjuangan berkolaborasi dengan Universitas Negeri Jakarta awal Januari 2022 dan telah dicanangkan sebagai senam wajib oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga:  "Nomaden" Bawaslu Gianyar Dambakan Kantor Permanen

Senam Sicita yang musiknya terdiri dari lagu-lagu daerah dan lagu kebangsaan ini juga telah divalidasi oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Kemenpora RI sebagai sebuah senam dan telah mendapatkan hak cipta dari Kemenkumham RI.

Menurut Kemenpora, senam Sicita telah memenuhi standar persyaratan senam, memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, udah dilakukan seluruh masyarakat tua, muda dan anak-anak serta memiliki musik yang dinamis, nasionalis dan unsur daerah.

“Ini merupakan program nasional yang membangkitkan rasa nasionalisme, bahwa kita pada hari ini bangsa Indonesia khususnya Kabupaten Tabanan, mencintai tanah air. Kita tetap semangat untuk Indonesia jaya, Indonesia Raya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Peringati Harganas, BKKBN Bali Gerebek Stunting di Banjar Beng, Tunjuk, Tabanan

Pihaknya sangat mengapresiasi semangat masyarakat yang bersatu padu dalam senam Sicita, baik dari desa sampai ke kota di Tabanan.

Selain upaya pemecahan Rekor Indonesia ini, Panitia HUT PDI Perjuangan juga menggelar kompetisi Gebyar Sicita yang mencakup tiga katagori yakni katagori kader, katagori umum dan katagori pelajar/mahasiswa. Dalam babak kualitfikasi, ratusan tim yang berasal dari 30 provinsi dan lebih dari 200 kabupaten kota mengirimkan timnya untuk berkompetisi.

Baca Juga:  Kinerja dan Komunikasi KPU Tabanan Diapresiasi Sanjaya 

Setiap tim yang ikut dalam kompetisi ini mengirimkan video senam Sicita dengan ragam formasi kreatif dan penuh kearifan lokal. Tim juri yang terdiri dari para pesenam profesional dan akademisi telah selesai menilai seluruh tim dan memilih para finalisnya. Saat ini para finalis telah mengirimkan video yang akan dipertandingkan di babak final.

Rencananya para juara kompetisi Gebyar Sicita 2022 ini akan diumumkan dalam Rakernas PDI Perjuangan yang diselenggarakan awal Juni 2022. Selain itu, DPP PDI Perjuangan telah menyiapkan sejumlah mobil senam yang dicipta khusus dengan sound system dan panggung untuk memudahkan kader mengajak masyarakat untuk menggelar senam Sicita. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button