DenpasarNews UpdatePendidikan

Ini Pemenang Wikithon Partisipasi Publik BASAibu Wiki

    DENPASAR, Kilasbali.com – BASAbali Wiki menyelenggarakan kompetisi menulis artikel opini Wikithon Partisipasi Publik: Sikap dan Tanggung Jawab Kemanusiaan Akibat Konflik dari tanggal 1 – 20 Mei 2022. Kompetisi ini mendapatkan dukungan penuh dari The Economist Educational Foundation.

    Sebelumnya, BASAbali Wiki mengadakan webinar bertemakan serupa dengan mengundang dua narasumber yaitu Andry Yuan sebagai National Programme Officer IOM Indonesia dan Nyoman Swanjaya yang merupakan perwakilan dari BPBD Provinsi Bali.

    Kompetisi Wikithon Partisipasi Publik dengan topik Pengungsi ini, terbuka bagi siswa SMP di Bali dan juga masyarakat umum. Para peserta berkompetisi untuk memberikan opininya terhadap pertanyaan “Bagaimana sikap dan tanggung jawabmu jika ada pengungsi datang ke tempatmu karena konflik seperti yang terjadi di Ukraina?”

    Artikel opini terbaik akan dimuat di majalah dan website The Economist Educational Foundation. https://tinyurl.com/KaryawikithonPengungsi Karya yang masuk dinilai langsung oleh Dra. Ni Luh Putu Budiari sebagai Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial perwakilan Dinas Sosial dan P3A Provinsi Bali, Ida Bagus Putu Wahyu Permana yang merupakan perwakilan dari Yayasan IDEP dan I Wayan Juniarta perwakilan jurnalis.

    Baca Juga:  Atlet Tarung Derajat Jatim Latih Tanding ke Bali, Bambang Haryo Soekartono Kecewa

    Para juri menilai dan memberi masukan atau komentar terhadap karya peserta. Masyarakat juga dapat memberikan komentar dan voting terhadap entri pilihan mereka.

    Lewat kegiatan ini, BASAbali Wiki bertujuan untuk menginspirasi terciptanya debat sipil yang konstruktif dan produktif tentang isu-isu publik termasuk isu di tingkat internasional, seperti krisis kemanusiaan akibat konflik seperti yang terjadi di Rusia dan Ukraina.

    BASAbali Wiki adalah sebuah organisasi yang terbentuk dari komunitas para akademisi, seniman, advokat, mahasiswa dan cendekiawan yang telah bekerja bersama-sama untuk membuat sebuah platform yang dapat digunakan publik untuk berbagi, berdebat, menyimpan, dan menyoroti topik penting di kalangan masyarakat.

    Sejak 2014, platform yang telah digunakan oleh lebih dari 2,5 juta orang ini, memiliki bagian khusus dalam ruang komunitas digital untuk memasukkan berbagai informasi seputar biografi para tokoh Bali, informasi seputar Covid, masukan dari para generasi milenial, dan masih banyak lagi.

    Baca Juga:  Terobosan Sistem Tol Non Tunai Nirsentuh Pertama di Indonesia

    Sebagai bagian dari kompetisi Wikithon Partisipasi Publik platform digital BASAbali wiki digunakan oleh pemerintah secara khusus untuk meminta masukan publik tentang berbagai kegiatan pemerintah lewat kompetisi Wikithon Partisipasi Publik.

    Project ini akan dilaksanakan dalam kurun waktu 3 tahun ini dan saat ini sedang mengembangkan hal serupa di Makassar, Sulawesi Selatan bersama Rumata Art Space sebagai mitra.

    Dra. Ni Luh Putu Budiari, MMA selaku Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial perwakilan Dinas Sosial dan P3A Provinsi Bali menyampaikan kesannya terkait pelaksanaan kompetisi Wikithon kali ini.

    “Lomba ini sangat bagus dan dapat melatih kepekaan dan kepedulian sosial terhadap peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Harapan kedepannya semoga lomba-lomba ini seperti ini tetap berlanjut,” pungkasnya. (kha/kb)

    Baca Juga:  Ratusan Musisi Lokal – Internasional Bakal Meriahkan Ubud Village Jazz Festival 2024

    Daftar para pemenang Wikithon Partisipasi Publik bertemakan Pengungsi:

    Kategori SMP

    1. Ni Made Santi Ditariani – SMPN 1 Semarapura dengan judul karya Bantuan Kemanusiaan untuk Pengungsi Ukraina

    2. Ni Komang Ary Kencanawati – SMPN 1 Semarapura dengan judul karya Pelajar Peduli terhadap Pengungsi

    3. I Dewa Ayu Istri Kania Maheswari Dewi – SMPN 2 Denpasar dengan judul karya Rumah Singgah untuk Pengungsi di Indonesia jadi Solusi Tata Kelola Minimal Risiko Melalui Posko Daring Darurat

    Kategori Umum

    1. Dea Rindiani dengan judul karya Nestapa Penderitaan Pengungsi

    Kategori Responden

    1. Rajini Putri – Mahasaba dengan judul karya Rasa Acuh Terhadap Sesama

    2. Putu Swandewi dengan judul karya Bijak dalam Bertindak Terhadap Pengungsi Kategori

    Pemenang Favorit

    1. Eka Purnama dengan judul karya Rebat Saking Ukraina Sareng Rusia Sisan Saking Perang Dingin.

    Back to top button