BadungOlahraga

Jaring Atlet Berbakat, IPSI Bali Bakal Gelar Kejurda Pra Remaja dan Remaja

BADUNG, Kilasbali.com – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Bali bakal menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pra Remaja dan Remaja. Kejurda tersebut bertujuan untuk menjaring atlet berbakat, dalam upaya meningkatkan prestasi atlet-atlet silat.

Hal tersebut terungkap saat Rapat Koordinasi Halalbihalal dan HUT ke-74 IPSI di Kediaman Ketua Umum IPSI Bali, I Ketut Suiasa, Sabtu (28/5/2022).

Ketua Umum IPSI Bali, I Ketut Suiasa menjelaskan, Kejurda ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada atlet-atlet silat di tingkat pra remaja dan remaja yang notabene merupakan pelajar untuk menampilkan prestasi.

Baca Juga:  Kebangkitan Pariwisata Bali di Masa Pandemi

Karena, di masa pandemi Covid-19 ini, para remaja ini tidak ada ruang untuk tampil menunjukan prestasinya, yang biasanya para pelajar ini akan tampil di event Porjar. Namun karena pandemi kegiatan Porjar untuk pelajar ini ditiadakan.

“Karena selama ini hampir dua tahun pasca pandemi anak-anak remaja dan pra remaja tidak ada momentum untuk menampilkan prestasinya, tidak berkiprah selama pandemi bahkan ruang di Porjar juga tidak ada gara-gara pandemi. Untuk itu kami di IPSI menginisiasi untuk memberikan ruang dan peluang kepada anak-anak untuk tampil menunjukan prestasinya,” jelas Suiasa.

Suiasa menambahkan, Kejurda Pra Remaja dan Remaja ini juga digelar momentum untuk memperingati hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober. Kejurda tersebut rencananya akan digelar pada tanggal 27-30 Oktober 2022.

Baca Juga:  PDIC X/2022, Unite Be Better and Stronger

Penyelenggaraan Kejurda ini juga berbeda. Kata Suiasa, biasanya digelar di GOR namun Kejurda Pra Remaja dan Remaja IPSI Bali nanti akan digelar di Mall Bali Galeria.

“Kejurda di Mall ini, tujuannya untuk mempromosikan seni pencak silat kepada masyarakat. Selain itu ini juga bagian dari sport tourism, agar seni pencak silat ditampilkan bagian dari konsumsi pariwisata,” tambahnya.

Pada Kejurda ini, untuk tingkat Pra Remaja dimulai dari umur 12-14 tahun, dengan mempertandingkan kelas laga putra putri dan nomor seni. Sedangkan untuk katagori Remaja, dimulai dari umur 14-17 tahun, nomor yang dipertandingkan laga putra-putri dan juga seni. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button