GianyarSosialTokoh

Pasar Rakyat TP PKK “Berbelanja dan Berbagi”

Digelar TP PKK Provinsi Bali

GIANYAR, Kilasbali.com – TP PKK Provinsi Bali menggelar Pasar Rakyat yang bertajuk “Berbelanja dan Berbagi” di Halaman Pasar Rakyat Gianyar, Sabtu (4/6/22). Pasar Rakyat yang digelar oleh TP PKK Provinsi Bali ini dilaksanakan secara bergilir di kabupaten/kota se-Bali. Pasar Rakyat ini dimaksudkan sebagai ajang berbagi dan memperkenalkan hasil pertanian, kuliner dan produk hasil UMKM/IKM maupun potensi yang ada di wilayah masing-masing.

Pasar Rakyat tersebut dihadiri Ketua TP. PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster, Istri Wakil Gubernur DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) Kanjeng Gusti Raden Ayu Paku Alam didampingi Bupati Gianyar I Made Mahayastra, Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun, Ketua DPRD Kabupaten Gianyar I Wayan Tagel Winarta, Sekda Gianyar Wisnu Wijaya, Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota Se-Bali, Kepala OPD terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Gianyar serta Para Ketua Organisasi Wanita se-Kabupaten Gianyar.

Surya Adnyani Mahayastra mengatakan Pasar Rakyat PKK merupakan wujud kepedulian dan gotong royong dengan konsep “berbelanja dan berbagi” yang dilaksanakan dan dikoordinir TP. PKK baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota se-Bali yang bertujuan untuk saling memperkenalkan potensi yang ada di wilayah masing-masing baik berupa hasil pertanian, kuliner, produk UMKM/IKM.

Baca Juga:  Pantau Pelayanan Samsat Denpasar, Koster Tampung Usulan Diskon Pajak 

“Pada setiap pelaksanaan Pasar Rakyat di 9 Kab/Kota se-Bali, kami TP. PKK Kabupaten Gianyar selalu bersinergi dan melibatkan para ketua beserta anggota organisasi wanita yang ada di Kabupaten Gianyar turut ikut dan berbelanja,” kata Surya Adnyani Mahayastra.

Pelaksanaan di Kabupaten Gianyar bertepatan dengan menyambut hari raya Galungan dan Kuningan. Pelaksanaan Pasar Rakyat PKK di Kabupaten Gianyar diikuti 50 peserta yang terdiri dari petani, IKM, UMKM yang menjual hasil bumi yang merupakan kebutuhan bahan pokok, hasil olahan UP2K PKK (makanan dan minuman) hasil Puspa Aman Aku Hatinya PKK, hasil KWT, serta hasil kerajinan masyarakat.

Surya Adnyani Mahayastra berharap produk-produk yang dijual pada saat pasar rakyat dapat memenuhi kebutuhan masyarakat pada saat hari raya sehingga para UMKM/IKM bangkit kembali dari kondisi pasca pandemi yang mengalami masalah dalam pemasaran.

Baca Juga:  Waterbom Bukit Jati Kemungkinkan "Berplat Merah" Lagi

Ketua TP. PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster mengatakan sinergitas program TP. PKK Provinsi Bali dan Kabupaten/Kota diaktualisasikan dalam kegiatan pasar rakyat yang dilaksanakan secara bergilir di Kabupaten/Kota se-Bali.

Dengan mengusung konsep “Berbelanja dan Berbagi”, barang yang produksi kelompok tani/IKM/UMKM dengan produk hasil buminya, hasil olahan dan kerajinan dibeli oleh Pengurus TP. PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota, selanjutnya akan dibagikan kepada 100 orang lansia dan masyarakat kurang mampu yang sudah dipilih oleh kabupaten pelaksana.

“Konsep ini merupakan bentuk terima kasih, yang mana hasil jualan para petani/produsen kita terima dan selanjutnya kita kasih lagi kepada masyarakat sekitar lokasi Pasar Rakyat, jadi kita terima dan kasih,” papar Putri Koster.

Baca Juga:  Koster Tuturkan Penolakan Rencana Pembangunan Jembatan Jawa-Bali

Selain memiliki keuntungan dapat bertemunya Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Bali dengan Kabupaten/Kota secara periodik, kegiatan pasar rakyat dapat berbagi dengan masyarakat serta membantu kelompok tani/IKM/UMKM dalam memasarkan produk-produknya.

“Ini merupakan bentuk saling perhatian dan gotong royong di masa sulit karena sekecil apapun yang kami bagikan mohon dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Putri Koster.

Pada Pasar Rakyat juga dibagikan paket bingkisan kepada 100 orang lansia dan masyarakat kurang mampu yang berasal dari 17 Desa se-Kecamatan Gianyar dan 10 orang dari tukang suun di Pasar Rakyat Gianyar. (ina/kb)

Berita Terkait

Back to top button