DenpasarNews Update

Pelabuhan Sanur Beroperasi September 2022

    DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Walikota Denpasar, I.G.N Jaya Negara mendampingi Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi meninjau progres pembangunan Pelabuhan Sanur di Kota Denpasar, Sabtu 4 Juni 2022.

    Hasil tinjauannya itu, diketahui progres pembangunan Pelabuhan Sanur telah mencapai lebih dari 80% dan ditargetkan beroperasi pada September 2022.

    “Kalau ini selesai, para penumpang tidak perlu masuk ke air lagi, karena sudah ada dermaganya. Ini suatu potensi wisata yang luar biasa. Kita harapkan ini bisa menjadi bagian dukungan perhelatan KTT G20 di Bali,” ujar Menhub.

    Desain bangunan terminal penumpang Pelabuhan Sanur ini, kata Menhub, hasil kolaborasi dengan arsitek lokal Bali Nyoman Popo Danes.

    Baca Juga:  Kanwil DJP Bali Kumpulkan Penerimaan Pajak Sebesar Rp2,24 Triliun

    “Bangunannya Kita tonjolkan arsitektur dengan nuansa budaya Bali yang sangat kuat dan menarik dan secara fungsi pelabuhan ini akan menjadi titik konektivitas dari beberapa
    pulau lainnya seperti Nusa Penida dan Nusa Ceningan di Kabupaten Klungkung, dan juga akan menambah daya tarik wisata,” tutur Menhub.

    Seduai arahan Presiden Jokowi, Menhub menuturkan bahwa setiap pembangunan infrastruktur transportasi yang dilakukan, dipastikan hasilnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

    “Karena tadinya pelabuhan ini hanya seadanya, tapi sekarang Kita buat lebih modern dan sempurna, sehingga semakin memberikan kemudahan untuk masyarakat di dalam menikmati fasilitas pelabuhan ini,” tandasnya.

    Baca Juga:  Muliartha Kembali Dikukuhkan Sebagai Ketua PWRI Bali 2024-2029

    Sementara itu, Wayan Koster dalam
    mengucapkan terima kasih kepada Menhub karena telah mewujudkan program ini yang merupakan bagian dari prioritas pembangunan infrastruktur darat, laut, dan udara secara terkoneksi dan terintegrasi dalam visi pembangunan Daerah Bali yakni,
    Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

    Baca Juga:  Amankan Jalur Mudik 2024, Polres Tabanan Atensi Dua Ruas Jalan Ini

    “Saya rutin melakukan peninjauan ke tiga lokasi ini dan perlu Saya laporkan bahwa Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida sudah selesai dan sudah di-pelaspas. Sehingga peresmiannya sesuai arahan menunggu Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan yang progres pembangunannya sudah 77 persen dan menunggu selesai Pelabuhan Sanur di Kota Denpasar,” pungkasnya. (m/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi