GianyarNews UpdatePendidikanPolitikTokoh

Parta Roadshow Kampanyekan 4 Pilar Hingga Edukasi Lingkungan

cara pembuatan eco enzyme

GIANYAR, Kilasbali.com – Kendati suasana Hari Raya Galungan, sosialisasi 4 Pilar MPR RI tetap gencar dilaksanakan anggota DPR RI Komisi VI, Nyoman Parta.  Dengan menyisipkan panduan cara pembuatan eco enzyme, sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, warga pun antusias mengikuti sosialisasi yang dilaksanakan di Balai Banjar Lebah, Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh.

Kepada awak media, Senin (6/6), Parta mengatakan bahwa penting sekali melakukan pengamalan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari hari. “Pengamalan harus nyata bukan sekedar hafalan saja,salah satu contohnya adalah wujud toleransi masyarakat Bali yang luar biasa, itu sangat saya apresiasi,” ungkapnya.

Dikatakan, keberagaman suku, bahasa, agama, adat istiadat tak terkecuali kuliner nusantara yang bukan saja menjadi kekayaan nusantara sekaligus menjadi kekuatan bangsa Indonesia. “Ini menjadi salah satu kekuatan keberagaman kita,” terangnya.

Baca Juga:  Sosialisasikan Tahapan Pemilu 2024, KPU Tabanan Audiensi dengan Dandim 1619/Tabanan

Dalam kesempatan itu, Parta juga mengedukasi masyarakat tentang cara pembuatan eco enzym. Wujud cinta yang nyata terhadap NKRI salah satunya adalah dengan merawat lingkungan. Menurutnya, eco enzim sangat mudah dibuat, dan sangat ramah lingkungan.

“Setelah Hari Raya Galungan yang tidak lama lagi, pasti banyak sisa buah ataupun kulit buah di masing-masing rumah tangga. Biasanya dibuang begitu saja, namun kini bisa jadi sesuatu yang bermanfaat yaitu eco enzym,” terangnya.

Para peserta sangat antusias melihat praktek pembuatannya dan kaget ternyata eco enzym itu wangi. Menurut salah satu peserta, Ibu Awik banyak yang mengira bahwa eco enzym memiliki bau yang kurang sedap, tapi ternyata justru wangi buah.

Baca Juga:  Kinerja dan Komunikasi KPU Tabanan Diapresiasi Sanjaya 

“Selain wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, kami sangat senang karena mendapat ilmu baru membuat eco enzym, jadi setiap rumah tangga bisa membuatnya dan sangat bermanfaat,” ungkap Ibu Awik. (ina/kb)

Berita Terkait

Back to top button