DenpasarEkonomi BisnisNews UpdateTokoh

Pemulihan Pariwisata dan Perekonomian Bali Berjalan Lebih Cepat

DENPASAR, Kilasbali.com – Pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali berjalan lebih cepat karena Bali menjadi tempat pelaksanaan pertemuan internasional. Yakni pertemuan Konvensi Minamata tentang Merkuri tanggal 21 – 25 Maret 2022 yang diikuti oleh 135 negara dengan jumlah peserta mencapai lebih dari 1.000 orang; dan Pertemuan ke-144 Parlemen se-Dunia tanggal 20 – 24 Maret 2022 diikuti oleh 178 negara dengan jumlah peserta mencapai lebih dari 1.200 orang. Pertemuan internasional ini tidak berdampak pada peningkatan kasus baru pandemi Covid-19 di Bali.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster melalui siaran persnya, Kamis (16/6). Menurutnya, upaya pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali berlanjut dalam situasi yang lebih baik, karena Bali menjadi tempat pelaksanaan pertemuan internasional.

Yakni Global Platform for Disaster Risk Reduction (Pengurangan Risiko Bencana) yang telah dilaksanakan pada tanggal 23 – 28 Mei 2022, diikuti oleh 193 negara dengan jumlah peserta mencapai 4.000 orang yang hadir secara langsung.

Baca Juga:  Kebangkitan Pariwisata Bali di Masa Pandemi

“Yang sangat penting, Bali juga mendapat kepercayaan menjadi tempat penyelenggaraan Konferensi Presidensi G-20, meliputi berbagai rangkaian pertemuan. Pertemuan tingkat menteri dilaksanakan mulai pertengahan tahun 2022, dan pertemuan puncak yang dihadiri langsung oleh 39 Kepala Negara, dengan jumlah peserta mencapai lebih dari 10.000 orang pada tanggal 15–16 November 2022,” ujarnya.

Dalam rangka menyukseskan pertemuan internasional tersebut, jelas dia, akan melakukan persiapan dan langkah-langkah secara niskala dan sekala. Koster memastikan penanganan pandemi Covid-19 dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan masyarakat Bali diharapkan memberi dukungan penuh dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara tertib, sehingga pertemuan internasional tersebut berlangsung dengan nyaman, aman, damai, dan sukses.

“Suksesnya pertemuan internasional tersebut akan berdampak langsung terhadap citra Bali sebagai tempat penyelenggaraan pertemuan dan sekaligus mampu menangani Pandemi Covid-19 dengan baik. Dengan demikian pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali akan terus berlanjut sampai mencapai target kunjungan wisatawan sebagaimana halnya sebelum adanya pandemi Covid-19,” harapnya.

Baca Juga:  Lepas PPAP Perwakilan Bali, Cok Ace Bekali Pemuda dengan Padma Buana

Terkait percepatan pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali, Koster mengundang wisatawan domestik dari mancanegara agar datang beramai ramai ke Bali.

Melihat keindahan alam Bali, keramahtamahan masyarakat Bali, dan keunikan budaya Bali. Koster, memastikan Bali nyaman, aman, dan kondusif untuk dikunjungi.

“Berkat restu Alam, Leluhur, Lelangit Bali, dan Guru-Guru Suci, serta kerja keras bersama dan kesadaran kolektif masyarakat Bali, Bali bangkit kembali,” pungkasnya. (jus/kb)

Berita Terkait

Back to top button