DenpasarHiburanOlahraga

Sambut Hari Bhayangkara, ABC Community Gelar “Gowes Presisi”

DENPASAR, Kilasbali.com – Selain memperingati Hari Sepeda Dunia (World Bicycle Day), sekaligus menyambut Hari Bhayangkara ke-76, Himpunan Pesepeda Bali atau All Bali Cyclist (ABC) Community menggelar kegiatan bersepeda bertajuk “Gowes Presisi” bersama Keluarga Besar Polda Bali.

Ketua ABC Community Lara Prasetya mengatakan, kegiatan bersepeda atau gowes bareng (gobar) bertajuk “Gowes Presisi” ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyambut Hari Bhayangkara ke-76 yang dirayakan setiap tanggal 1 Juli. Diikuti oleh 150 pesepeda, yang berangkat dari titik start di depan Mapolda Bali, Denpasar, pukul 06:30 Wita dan mencapai garis finish di Hotel Element by Westin, Ubud, Gianyar, pukul 09:30 Wita.

“Ratusan peserta tersebut, selain dari jajaran Polda Bali juga perwakilan sejumlah klub dsn komunitas sepeda di Bali yang tergabung dalam ABC Community. Seperti, Women Cycling Community (WCC), Seven Eleven, Gowes Selaow Cycling Club (GSCC), Gowes Pagi, Gajah Merapi, Balinesthesia, Dermcylist, Rethink CC, Peloton One, Pedal Sanur Mas, Legend CC, dan Benteng Squads Riders CC,” ujar Lara Prasetya, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga:  Puncak Hut Ke-25 Perumda Tirta Sewakadarma

Lara Prasetya yang juga menjabat Ketua WCC menjelaskan, para peserta “Gowes Presisi” dengan tertib dan disiplin melakukan gobar melalui rute dan jalur pariwisata seperti, Tebing Tegenungan, Desa Wisata Kemenuh, Museum Mario Blanco, dan Puri Ubud. Hal ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat Bali bersama sejumlah pejabat, para tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat dalam mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga untuk menjaga kebugaran fisik dan kesehatan tubuh.

Sejak didirikan pada tahun 2020 lalu, Lara Prasetya berharap ABC Community menjadi wadah bagi para cyclist Bali, agar bisa saling bersilahturami dan mengembangkan semua potensi diri. “Kedepan, kegiatan seperti ini akan terus diupayakan untuk membawa kebaikan bagi semua pihak dan masyarakat Bali,” kata Lara Prasetya, seraya memberikan penghargaan “Bali Cyclist Role Model Award 2022” kepada Kapolda Bali Irjen Pol Drs Putu Jayan Danu Putra, SH, MSi, atas usaha dan dukungannya terhadap kegiatan olahraga bersepeda di Bali.

ABC Community beranggotaksn sekitar seribuan goweser yang berusia belasan hingga 70 tahun dari kalangan pelajar, mahasiswa, karyawan, PNS, dan para pensiunan. “Adapun program kegiatan ABC Community antara lain, rutin melakukan gobar sebulan sekali, bakti sosial (baksos ride), serta secara regular menyosialisasikan dan memberiksn edukasi olahraga juga materi kesehatan kepada masyarakat. Bahkan, kami segera mengampanyekan “Journey to Zero” pada bulan Agustus mendatang,” kata Lara Prasetya.

Baca Juga:  Hari Pertama 10th Perisai Diri International Championship

Sementara, Ketua Umum GSCC Wawan Mulyawan menambahkan, sebagai komunitas dan masyarakat, pihaknya membutuhkan peran serta para tokoh masyarakat yang aktif menjadi role model seperti yang dilakukan Kapolda Bali. Karena hal tersebut dapat memberikan dorongan semangat ekstra dan menginspirasi masyarakat untuk mulai megevaluasi gaya hidup dan mengubahnya menjadi lebih baik lagi.

Baca Juga:  Dados Bhayangkara sane Mawiguna

Dalam sambutannya, Kapolda Bali Irjen Pol.Putu Jayan Danu Putra mengaku sangat surprise dengan penghargaan yang diterimanya tersebut, karena selama ini kegiatan bersepeda maupun berolahraga memang merupakan bagian dari hobi dan sudah menjadi gaya hidup sehat sehari-harinya,

“Sebagai goweser yang baik dan dewasa harus membiasakan diri untuk menjadi contoh, agar virus bersepeda mampu menginspirasi masyarakat dan perlahan menciptakan lingkungan bermasyarakat yang lebih positif. Ketika berada di jalan raya, baik bersepeda atau saat berkendara, semua pengguna jalan harus selalu mawas diri, berbagi jalan, wajib mematuhi tata tertib berlalu lintas dan memahami rambu-rambu lalu lintas yang berlaku,” pesan Kapolda Bali. (djo/kb)

Berita Terkait

Back to top button