Bangli

Bali Mandiri Energi

Cok Ace Apresiasi Bali EV Goes to Museum Gunung Api Batur

    DENPASAR, Kilasbali.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengapresiasi Bali Electric Vehicle (EV) Goes to Museum Gunung Api Batur-Bangli yang mengedepankan energi terbarukan. Menurutnya, hal tersebut sejalan dengan Visi Pembangunan Pemerintah Provinsi Bali yaitu “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru dengan salah satu tujuannya di sektor energi yaitu menjaga keandalan kelistrikan Bali serta menuju Bali mandiri energi dengan energi bersih.

    “Kegiatan Bali EV Goes to Museum Gunung Api Batur ini sangat sejalan dengan visi, arah kebijakan Pemerintah Provinsi Bali sebagai salah satu program yang mengkolaborasikan antara wisata, edukasi serta implementasi Energi Bersih dengan tujuan akhir adalah menciptakan Pariwisata yang Berkualitas dan Berkelanjutan,” ujarnya saat press conference Bali Electric Vehicle (EV) Goes to Museum Gunung Api Batur-Bangli,  Jumat, 24 Juni 2022.

    Baca Juga:  Pemprov Bali Hadir, Bantu Tiga Krama Bangli Miliki Rumah Layak Huni

    “Dimulai dari Alun-alun Kota Bangli, menuju ke Wisata Proklim Desa Penglipuran kemudian meninjau PLTS 1 MWp Kayubihi dan diakhiri di Museum Gunung Api Batur, di mana para peserta menggunakan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (electric vehicle/EV), menikmati wisata serta edukasi lingkungan, energi bersih dan edukasi kegunungapian,” imbuhnya.

    “Dalam pelaksanaan penyelenggaraan ini, tentunya saya sangat mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dan mendukung baik secara langsung maupun tidak langsung dalam ikut serta berpartisipasi membangun Bali,” lanjut Cok Ace.

    Wagub juga menyampaikan apresiasi kepada Kementerian ESDM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Kabupaten Bangli, CORE Universitas Udayana, PT PLN UID Bali, PT. Indonesia Power, PT. Dewata Energi Bersih, USAID, WRI, Perusda Bali, Perusda Bumi Mukti Bakti Bangli, BPD Bali, Balimall, vendor kendaraan listrik yang ada di Bali, dan tentunya pelajar, mahasiswa dan masyarakat yang berpartisipasi mengikuti kegiatan ini.

    Baca Juga:  Bupati Tabanan Sampaikan Rekomendasi DPRD Tabanan Atas LKPJ TA 2023

    “Harapan saya, even-even harus lebih intensif diadakan, tidak hanya di Bangli namun di kota-kota lainnya seluruh Bali, karena masing-masing daerah mempunyai potensi yang besar dalam menciptakan destinasi wisata baru dengan mengkolaborasikan dan mengimplementasikan Energi Bersih,” tandasnya.

    Sementara itu, Deputi Direktur Kantor Lingkungan Hidup USAID Indonesia Mark Newton menyampaikan USAID sebagai salah satu pendukung acara juga menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan even di Bali. “USAID sangat gembira dapat mendukung kegiatan keuangan berkelanjutan dan perencanaan energi di Bali, terutama yang terkait kendaraan listrik, listrik surya atap dan pemutakhiran peta kelistrikan provinsi. Ini adalah contoh dari kemitraan jangka panjang antara Pemerintah Amerika Serikat dan Indonesia,” kata Mark Newton.

    Baca Juga:  Ini Dia Jegeg Bagus Gianyar 2024 

    Untuk diketahui acara tersebut diikuti oleh 50 motor listrik, yang melakukan touring dari alun-alun Kota Bangli yang dilepas oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali dan undangan terkait lainnya. (jus/kb)

     

    Back to top button

    Berita ini dilindungi