GianyarPendidikan

Cara Paling Efektif Hindari AIDS, Narkoba, dan Kenakalan Remaja

KSPAN SMAN 1 Sukawati

    GIANYAR, Kilasbali.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengapresiasi acara Passion III Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba (KSPAN) SMAN 1 Sukawati yang berlangsung di sekolah ini di Gianyar, Sabtu, 25 Juni 2022.

    Cok Ace juga mengaku bangga atas sumbangsih para siswa yang memiliki semangat dalam menghindarkan bahaya AIDS, narkoba serta kenakalan remaja. Menurutnya, KSPAN yang digawangi para remaja ini, tentu menjadi komunikasi yang efektif untuk mengajak sesama remaja menjauhkan hal-hal tersebut.

    Dikatakan, terdapat faktor internal dan eksternal kenapa anak-anak bisa terjerumus. Internal adalah dari diri sendiri, sedangkan eksternal dari luar. “Nah jika faktor eksternal adalah pengaruh luar mereka menggunakan narkoba, maka peranan adik-adik dari segi eksternal juga sangat membantu agar mereka tidak semakin terjerumus lagi,” ujarnya.

    Cok Ace juga menyampaikan, penanggulangan kenakalan remaja, narkoba, dan AIDS adalah tanggung jawab bersama. Tidak pemerintah saja, namun semua pemangku kepentingan. Baik itu sekolah, masyarakat, hingga keluarga sendiri yang mempunyai peranan sangat penting.

    Baca Juga:  ‘Police Go to School’ Cegah dan Deteksi ‘Bullying’ di SD

    “Untuk itu mari kita semua bahu membahu, bersama-sama, selamatkan generasi bangsa dari bahaya AIDS, Narkoba serta kenakalan remaja,” ajaknya.

    Cok Ace juga mendorong generasi muda, terutama anggota KSPAN ini untuk terus berinovasi dan berkarya dalam mengajak para remaja menyelamatkan masa depan generasi bangsa. “Saya bangga, SMAN 1 Sukawati terus berkarya dan berinovasi. Teruskan semangat itu,” pungkasnya.

    Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Sukawati I Wayan Widya juga menyampaikan rasa kagum kepada anak-anak didiknya yang begitu semangat mengadakan acara ini. Kegiatan ini sangat berguna bagi para remaja serta mengharumkan nama sekolah juga.

    Baca Juga:  Gondol Safety Box Resto, Pria Ini Ditangkap Polisi

    “Namun yang terpenting, bukanlah lomba-lomba ini, tapi bagaimana kita sebagai remaja dan generasi muda bisa mengaplikasikan serta mensosialisasikan bahaya AIDS, narkoba dan kenakalan remaja dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

    Sebelumnya, Ketua Panitia Ni Kadek Fitria Parahita menyampaikan, acara kali ini bertema ‘Young Generations Take the Action’ yang diartikan bahwa sudah saatnya anak-anak muda mengambil peran dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba, AIDS dan kenakalan remaja.

    “Sejak dimulai dari tahun 2017, penyelenggaraan kali ini menjadi sangat penting, karena untuk pertama kalinya acara lomba KSPAN bisa diadakan di tingkat provinsi, dengan menghadirkan 230 peserta dari sekolah SMP yang tersebar di 6 Kabupaten/Provinsi se-Bali,” pungkasnya. (jus/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi