DenpasarEkonomi BisnisSosialTokoh

Pantau Pelayanan Samsat Denpasar, Koster Tampung Usulan Diskon Pajak 

DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali, Wayan Koster meninjau pelayanan samsat di di UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali, Kota Denpasar, Jumat (1/7). Dalam kunjungan itu, Wayan Koster menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat yang tengah antri menunaikan kewajibannya.

Selain itu, Koster juga menyapa masyarakat dan menampung beberapa usulan langsung dari wajib pajak. Yakni memperpanjang pemutihan, dan juga memberlakukan kembali kembali kebijakan diskon pajak.

Wayan Koster mengungkapkan, kunjungan ini untuk memastikan kebijakan pemutihan yang mulai berlangsung mulai dari bulan April – Agustus 2022. Kebijakan ini, kata dia, untuk membantu masyarakat agar termotivasi untuk menunaikan kewajibannya.

Baca Juga:  Kesbangpol Bali Bagi Ribuan Bendera Merah Putih

“Ini untuk menolong masyarakat, meringankan beban dalam membayar kewajibannya pajak kendaraan bermotor. Apalagi sekarang ini baru pemulihan ekonomi. Saya kira ini suatu kebijakan yang diharapkan bisa memotivasi masyarakat untuk lebih tertib, disiplin menjalankan kewajibannya. Ini menolong masyarakat wajib pajak,” jelasnya.

Terkait usulan diskon pajak, Koster meyakinkan akan diberlakukan lagi, dan sedang didiskusikan. “Pajak yang bersumber dari kendaraan bermotor baik Pajak Kendaraan Bermotor, BBNKB sedang didorong dengan pemutihan ini, dan kemudian pembebasan biaya balik nama, sehingga ini memacu masyarakat yang memiliki kendaraan yang sudah lama lewat belum bayar pajak, dan sekarang bisa membayar dengan keringanan,” bebernya.

Koster menambahkan, kebijakan yang berlaku sejak tiga bulan lalu, PAD dari pajak kendaraan bermotor ini tembus Rp153 miliar. “Cukup bagus ini kinerjanya, dan memang saya menaikkan target PKB. Dan dari target yang ditentukan untuk seluruh Bali sudah melebihi target 53 persen, kalau Denpasar ini sudah 54 persen dari nominal yang paling tinggi Rp600 miliar lebih,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pujawali Pura Praja Nata Kantor Walikota Denpasar

Koster berharap, triwulan berikutnya lebih baik lagi, sehingga di akhir tahun mampu terealisasi mencapai diatas 100 persen. “Sekarang pendapatannya membaik terus,” ujarnya. Saat ditanya apakah jika melebihi target Kepala Pendapatan Daerah mendapatkan bonus? Koster menjelaskan bahwa itu sudah aturannya. “Otomatis, sudah aturannya,” kata Koster seraya disambut gelak tawa Made Santha.

Baca Juga:  Dirga Dukung Warga Beryadnya dengan Tulus Ikhlas

“Pajak kendaraan bermotor ini adalah sumber utama untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang tengah saya jalankan saat ini, yang membutuhkan anggaran yang cukup besar. Untuk itu, saya betul-betul berharap, bisa dilakukan optimalisasi dengan sejumlah kebijakan yang diberikan sehingga PAD-nya melebihi target. Karena itu akan sepenuhnya untuk membiayai pembangunan infrastruktur yang sedang berjalan saat ini,” pungkasnya. (jus/kb)

Berita Terkait

Back to top button