CeremonialDenpasarNews UpdateOlahraga

PDIC X/2022, Unite Be Better and Stronger

DENPASAR, Kilasbali.com – Sebanyak 261 atlet putra, 181 atlet putri, 123 official, dan 44 wasit juri berkumpul di Bali untuk mengikuti kejuaraan Perisai Diri International Championship ke 10 tahun 2022 (PDIC X/2022), bertema ‘Bersatu Menuju Lebih Baik dan Lebih Kuat/Unite Be Better and Stronger’.

Hal tersebut terungkap dalam pembukaan PDIC X/2022 oleh Ketua Umum Perisai Diri, Dwi Soetjipto di di Jayasabha, Rumah Jabatan Gubernur Bali di Denpasar, Sabtu (2/7) sore.

Dalam pembukaan itu, juga diisi dengan perayaan hari ulang tahun ke 67 Keluarga Silat Nasional, peluncuran buku Sejarah Perisai Diri, dan juga welcome dinner bagi seluruh peserta PDIC ini.

Baca Juga:  Clay Marzo Juarai Ajang "Rip Curl Cup Padang Padang 2022"

Ketua Panitia Nyoman Yamadhiputra mengungkapkan, PDIC ini bertujuan untuk memfasilitasi pertemuan atlet-atlet Perisai Diri seluruh dunia untuk berkompetisi meraih prestasi. “PDIC ini, juga sebagai bagian program pencak silat menuju olimpiade dan juga mendukung program sport tourism di Bali,” katanya.

Menurutnya, PDIC X/2022 yang memperebutkan Piala Presiden Republik Indonesia ini, dilaksanakan dengan 46 katagori pertandingan yang terdiri dari 20 katagori laga, empat katagori serang hindar, empat katagori tunggal regu IPSI, dan 18 katagori kerapian teknik.

“Pelaksanaan kejuaraan ini hybrid. Untuk katagori laga dan serang hindar akan berlangsung offline di GOR Lila Bhuana, sedangkan katagori teknik dilaksanakan secara online,” bebernya.

Baca Juga:  Turnamen Olahraga KORPRI 2022, Cok Ace: Jaga Sportivitas

Disebutkan, total peserta dalam kejuaraan ini sebanyak 609 orang yang berasal dari 30 kontingen. “Enam kontingen berasal dari luar negeri. Yaitu Australia, Belanda, Timur Leste, Jepang. Amerika, dan Brunei Darussalam,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Yamadhiputra juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Bali Wayan Koster yang telah memberikan dukungan secara penuh, baik moril maupun materiil, sehingga keluarga seluruh Keluarga Besar Perisai Diri dapat berkumpul untuk memperkuat keteguhan dalam kesatuan  menuju Perisai Diri lebih baik dan lebih kuat. “Unite to be better and stronger,” pungkasnya. (jus/kb)

Berita Terkait

Back to top button