Seni BudayaTabanan

Jamaah Sholat Idul Adha di Perumnas BSI Tabanan Meluber

TABANAN, Kilasbali.com – Warga muslim Perumnas Bukit Sanggulan Indah (BSI), Kediri, Tabanan, Bali, merayakan Hari Raya Idul Adha tahun 2022 (1443 H), Minggu, 10 Juli 2022. Mereka melakukan sholat Idul Adha di Masjid Al Muhajirin, Perumnas BSI. Bahkan, saking antusias tampak warga sholat hingga meluber sampai ke jalan.

Sebagian besar jamaah yang sholat di luar masjid merupakan kaum wanita. Sedangkan kaum laki-laki sholat di dalam masjid di lantai satu dan dua serta sebagaian kecil sholat di jalan yang ada di depan masjid.

Ketua Rukun Warga Muslim (RWM) Perumnas BSI dan sekitarnya, Anang Eko Sulistiono usai sholat Idul Adha menyampaikan, jamaah yang sholat jumlahnya diperkirakan lebih dari 2.000 orang karena melebihi jumlah jamaah yang sholat di masjid.

Baca Juga:  Tim Wasev Mabesad Tinjau TMMD ke- 114 Tabanan

“Kapasitas jamaah di Masjid Al Muhajirin sekitar 1.000 orang. Sedangkan yang sholat di luar masjid jumlahnya diperkirakan lebih dari 1.000 orang. Dari hasil infak jamaah diperoleh dana Rp 8.150.000. Alhamdulillah,” katanya.

Menurut Sulistiono, melubernya jumlah jamaah yang sholat Idul Adha sudah diantisipasi oleh Takmir dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Al Muhajrin dengan menyiapkan terpal dan bekas baliho untuk alas sholat di luar masjid. “Meski jumlah jamaah meluber, pelaksanaan sholat tetap bisa berjalan lancar,” katanya.

Ustad Arifin yang menjadi khatib Sholat Idul Adha di Masjid Al Muhajrin dalam khotbahnya seusai Sholat mengupas banyak hal tentang latar belakang, hikmah dan manfaat qurban. “Bagi muslim, qurban merupakan perintah Allah SWT yang memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, bagi sudara muslim yang mampu segeralah berkorban , mumpung masih ada waktu,” pintanya.

Baca Juga:  Farm Cycling, Bersepeda Sambil Menikmati Keindahan Persawahan dan Pegunungan Rianggede

Hewan qurban di Masjid Al Muhajirin pada tahun ini menurut Ketua PHBI Masjid Al Muhajrin Rahmad Basuki berupa sapi sejumlah 11 ekor dan kambing 22 ekor. “Kami menyampaikan terima kasih kepada warga masyarakat termasuk Bapak Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya dan Anggota Komisi VIII DPR RI Bapak IGN Kesuma Alit Kelakan yang telah mempercayakan dan menyerahkan hewan qurban kepada kami,” katanya.

Sementara itu, terkait jumlag qurban yang berkurang, Ketua RWM Perumnas BSI Eko Sulistiono menduga karena tahun ini banyak warga Perumnas BSI yang pulang merayakan Idul Adha dan melaksanakan qurban di kampung.

“Berkurangnya jumlah hewan qurban mungkin karena warganya banyak yang pulang dan berqurban di kampung. Selain itu, tahun ini kami juga tidak mengontak warga yang dulu pernah berqurban di Masjid Al Muhajrin seperti yang kami lakukan di tahun-tahun sebelumnya,” katanya menduga.

Baca Juga:  Ini Penyebab Gangguan TAB Tabanan

Penurunan jumlah hewan qurban juga terjadi di Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Tabanan yang jamaah dan simpatisannya melaksanakan sholat Idul Adha di Lapangan Alit Saputra, Sabtu (9/7/2022).

Jumlah hewan Qurban di GDM Tabanan tahun ini berupa sapi 12 ekor dan kambing 12 ekor. Sementara tahun lalu jumlah hewan qurban sapi 13 ekor dan kambing 10 ekor. “10 ekor sapi didistribusikan di GDM dan 2 ekor sapi didistribusikan di kelompok jamaah,” ujar Budi Ratsongko, salah seorang panitia qurban di GDM Tabanan. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button