Ekonomi BisnisTabanan

Pulihkan Ekonomi Melalui Koperasi

    TABANAN, Kilasbali.com – Koperasi memiliki peran yang sangat penting dalam pemulihan ekonomi, terlebih di situasi pascapandemi Covid-19.

    Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya berharap keberadaan Koperasi di Kabupaten Tabanan bisa menjadi partner pemerintah dalam memulihkan situasi ekonomi.

    Hal tersebut disampaikan Sanjaya saat menghadiri undangan Hari Ulang Tahun Koperasi ke-75 di Kabupaten Tabanan, di Gedung Kesenian, I Ketut maria Tabanan, Selasa (12/7).

    Sanjaya menyampaikan apresiasi dan selamat kepada Gerakan Koperasi Indonesia yang telah mencapai usia 75 tahun,

    Baca Juga:  Bupati Tabanan Sampaikan Rekomendasi DPRD Tabanan Atas LKPJ TA 2023

    Menurutnya, di titik ini menandakan kematangan dalam berorganisasi dan kemampuan menjawab berbagai tantangan jaman.

    “Saya atas nama Pemkab Tabanan, mengucapkan Selamat Hari Koperasi ke 75, kepada para Pembina, Pengurus dan Pengelola serta seluruh Anggota Koperasi di manapun berada. Semoga Koperasi semakin berkualitas, berdaya saing dan mandiri,” ungkapnya.

    Tema yang diambil Dekopinda tahun ini juga diakui sangat sepaham untuk Tabanan Era Baru, termasuk dalam Visi Tabanan yang pertama yakni Ketahanan Pangan, Sandang dan Papan.

    Secara Kuantitatif, Bagi Sanjaya, Perkembangan Koperasi di Tabanan ini sudah meningkat begitu pesat. Hingga bulan Juni 2022, telah tercatat Jumlah Koperasi yang beroperasi sebanyak 574 Koperasi dengan jumlah anggota 92.350 orang di Kabupaten Tabanan.

    Baca Juga:  Komisi I Dorong Desa Dinas dan Adat Bersinergi Jaring Duktang

    Dari jumlah tersebut, banyak koperasi yang telah maju dan memberikan manfaat bagi anggota serta masyarakat di sekitarnya. Terutama masyarakat yang menggiatkan sektor pertanian dan pangan di Tabanan.

    “Saya berterima kasih kepada kawan-kawan penggerak, penggiat dan pengusaha koperasi yang selama ini sudah membantu perekonomian sektor riil khususnya di Tabanan. Yang paling mendasar adalah pergerakan koperasi, sebagai bagian sokoguru perekonomian kita, ketahanan paling akhir sektor ekonomi ini adalah koperasi. Patut kita berikan terima kasih kepada kawan-kawan yang menggerakkan koperasi selama ini,” ujar Sanjaya.

    Baca Juga:  Gerombong Pembuat Genteng di Tabanan Kebakaran Saat Ditinggal Mandi

    Pihaknya juga berharap agar peringatan Hari Ulang Tahun ini dapat dijadikan gerakan bersama mendorong pembangunan Koperasi agar tumbuh sejajar dengan badan usaha lain. Serta memiliki sensitifitas tinggi dalam pengembangan usaha dan memanfaatkan kemajuan teknologi. (m/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi