Seni BudayaTabananTokoh

Bhakti Penganyar di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Lumajang

TABANAN, Kilasbali.com – Pemerintah Kabupaten melaksanakan kegiatan Sradha Bhakti Nganyarin serangkaian Pujawali di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (16/7).

Rombongan Bhakti Penganyar tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, didampingi Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, Sekda, para Asisten, para Kepala OPD dan para Camat, serta Ketua PHDI Tabanan. Turut hadir saat itu Ketua PHDI Kabupaten Lumajang beserta tokoh masyarakat setempat.

Tiba sekitar pukul 12.00 Wita, Bupati Sanjaya disambut baik oleh Ketua Panitia Pujawali dan pengurus Pura setempat. Setelah melakukan perbincangan, kemudian rombongan Bhakti Penganyar melaksanakan persembahyangan yang dipimpin oleh Mangku setempat.

Baca Juga:  Yoga Segara, Tokoh Muda Asal Serangan Masuk Tiga Besar Bursa Dirjen Bimas Hindu

“Astungkara kita diberi keselamatan, kekuatan oleh Ida Sang Hyang Widhi Wasa, sehingga kita bisa melaksanakan bhakti Nganyarin di parahyangan suci ini. Dimana, kami mengajak seluruh jajaran Pemkab Tabanan mengucapkan puji syukur dan terima kasih kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa,” ujar Sanjaya usai melakukan persembahyangan.

Sanjaya juga mengatakan sangat menikmati perjalanan spiritual ini, dimana pada kesempatan itu jajaran Pemkab Tabanan bisa melakukan silaturahmi dengan umat sedharma di Kabupaten Lumajang. Disamping itu, hakekatnya kita sebagai umat khususnya umat Hindu tidak ada yang dibeda-bedakan dan harus bersatu melaksanakan yadnya.

“Yang membedakan kita hanya tata cara pelaksanaan yadnya, tapi wujud bhakti, sradha bakthi itu sama baik semeton kita yang ada di Jawa, semeton kita yang ada di Bali, maupun di seluruh Indonesia. Astungkara semeton kita disini sangat bakthi dan memegang teguh tradisi serta persaudaraan,” imbuh Sanjaya.

Baca Juga:  Ditarik ke Polda, Kompol Astawa Tuntaskan Hibah Lahan Mapolsek Gianyar

Untuk itu, Sanjaya mengajak seluruh umat sedharma khususnya di Nusantara agar tetap bersatu serta meningkatkan sradha Bakthi. Disamping itu, sebagai umat beragama, Sanjaya menghimbau agar selalu meningkatkan hubungan baik serta toleransi antara sesama umat, sehingga tercipta harmonisasi yang lebih baik lagi antar umat beragama.

“Kita di Pemerintah Kabupaten Tabanan sangat apresiasi semeton disini dalam melaksanakan yadnya yang bertujuan untuk menjalankan serta menjaga tradisi. Mari kita bersama-sama untuk selalu mendoakan yang terbaik untuk Indonesia, Bali dan Tabanan khususnya, agar selalu tenteram dan rahayu. Sehingga kita di Pemerintah mampu memberikan yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat,” tutup Sanjaya.

Sebelumnya di kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pujawali Edi Sumianto, mengucapkan terima kasih kepada Bupati beserta jajaran atas kunjungan dalam bhakti nganyarin ini. Disamping itu, Ia juga sangat berterimakasih karena Pemkab Tabanan turut memberikan perhatian dan dukungan kepada pihaknya dalam mempertahankan tradisi dan budaya setempat. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button