DenpasarSeni Budaya

Dukung Bali Lestarikan Budaya Melayangan, PLN Imbau Masyarakat Dapat Bermain Layang – layang dengan Aman

DENPASAR, Kilasbali.com – PT PLN (Persero) menimbau masyarakat untuk bermain layang – layang dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan.

Imbauan ini dimaksudkan karena saat ini hingga Agustus mendatang merupakan musim terbaik untuk menaikkan layang – layang.

“Bulan ini hingga Agustus, cuaca sangat mendukung untuk bermain layang – layang, namun kami mengimbau masyarakat agar memperhatikan tempat sata bermain, utamanya menghindari jaringan – jaringan listrik yang jika terkena akan berakibat fatal,” jelas Manager Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali I Made Arya saat mensosialisasikan bermain layang – layang yang aman pada event Bali Kite Festival di Pantai Padang Galak, Minggu (17/07).

Baca Juga:  Hyundai Stargazer Hadir di Bali

Selain berbahaya bagi nyawa pemainnya, bermain layangan dekat jaringan listrik dapat menyebabkan gangguan listrik yang merugikan masyarakat.

“Bermainlah di tempat yang aman, dan yang terpenting hindari menginapkan layangan di malam hari, yang berisiko dapat terbang tak terkontrol dan mengenai jaringan listrik,” tambah Arya yang pada kesempatan itu didampingi oleh Manager Unit Pelaksana Transmisi Bali I Made Sujaya dan Manager Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk Bali Selatan, Eko Purwanto.

Ia pun menegaskan bahwa PLN sangat mendukung pelestarian budaya melayangan namun menghimbau masyarakat agar bermain dengan bertanggung jawab, sehingga terhindar dari bahaya yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga:  Gebyar Merah Putih, Bali Bangkit Indonesia Raya

Acara ini turut dibuka oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster yang mengatakan bahwa penyelenggaraan Bali Kite Festival merupakan ajang untuk memajukan kebudayaan Bali sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali, hingga menjadi wadah kreativitas seni budaya para generasi muda serta mampu menjadi daya tarik pariwisata Bali.

Koster juga menyampaikan pihaknya berencana untuk mengalokasikan lahan yang diperuntukkan khusus untuk bermain layang – layang di Gunaksa, Klungkung.

“Bermainlah layang2 pada tempat yang aman, rencananya nanti kami akan alokasikan lahan sebesar 2 hektar untuk festival layang-layang di Gunaksa Klungkung,” imbuhnya.

Baca Juga:  Ekonomi Kerthi Bali

Bali Kite Festival ke – 44 tahun 2022 dengan tema “Rahayu Baliku” merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk memberikan wadah berkreasi bagi penggemar layang – layang di Bali, Sebanyak lebih dari 700 peserta berpartisipasi dalam kegiatan ini.

PT PLN (Persero) mengapresiasi kegiatan ini dengan turut mendukung dan mengajak masyarakat bermain layang – layang yang aman. Selain itu, PLN juga mengajak masyarakat untuk proaktif melakukan pengaduan jika menemukan layang – layang yang tersangkut di jaringan listrik melalui aplikasi PLN Mobile atau contact center 123. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button