News UpdateTabanan

Penyandang Disabilitas Memiliki Hak Demokrasi Yang Sama

TABANAN, Kilasbali.com – Bawaslu Kabupaten Tabanan menggelar Rapat Fasilitas Penguatan Pemahaman Kepemiluan Kepada Disabilitas. Rapat itu yang melibatkan penyandang disabilitas berlangsung di Aula SLB Negeri 1 Tabanan, Rabu (20/7).

Rapat ini turut mengundang sejumlah guru dan murid SMA SLB Negeri 1 Tabanan, SLB/C Kemala Bhayangkari, Perwakilan BRSPDSN Mahatmiya Tabanan dan Dinas Sosial Kabupaten Tabanan.

Anggota Bawaslu Provinsi Bali, I Wayan Widyardana Putra mengatakan, Bawaslu Provinsi Bali telah menginstruksikan kepada jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota untuk lebih memperhatikan dan melibatkan penyandang disabilitas dalam proses berdemokrasi.

Baca Juga:  Bawaslu Tabanan Komit Bangun Zona Intergritas

Widy mengingatkan bahwa seluruh penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama dalam proses pemilu, baik untuk memilih maupun dipilih.

“Kami akan terus mengawal hak-hak dari teman-teman yang berkebutuhan khusus untuk bisa menggunakan hak pilihnya dengan penuh, karena banyak terlihat dilapangan, teman-teman penyandang disabilitas yang ingin menggunakan hak pilihnya tetapi terkendala mobilitas menuju TPS. Kami akan berusaha menyampaikan kepada KPU untuk menyediakan sarana yang lebih layak untuk teman teman kita yang berkebutuhan khusus,” beber Widy.

Senada dengan Widy, Wakil Kepala Sekolah SLB Negeri 1 Tabanan, Sri Minarti menyampaikan terima kasih kepada Bawaslu Tabanan yang telah memberikan pemahaman kepemiluan kepada teman-teman penyandang disabilitas di Kabupaten Tabanan.

Baca Juga:  MIMIH! Di Ceking Ada Money Changer Diduga Curangi Wisman

“Pada pelaksanaan Pemilu serentak 2024 nanti, kami berharap mungkin nantinya teman-teman penyandang disabilitas bisa diberikan perhatian dari Bawaslu untuk aksesibilitas agar mempermudah untuk menggunakan hak suara dan memilih pemimpin di Kabupaten Tabanan nantinya,” harap Sri kepada Bawaslu.

Di sisi lain, Anggota Bawaslu Kabupaten Tabanan, I Ketut Narta mengapresiasi kesediaan SLB Negeri 1 Tabanan untuk memfasilitasi tempat untuk mengadakan kegiatan hari ini, dan nantinya Bawaslu Tabanan dan juga sekolah serta yayasan disabilitas bisa bersama-sama mengawal hak pilih teman-teman yang berkebutuhan khusus.

“Kami juga kedepan ingin bisa menjaga hak pilih dari teman teman disabilitas di Kabupaten Tabanan, tentunya merekomendasikan Disdukcapil Tabanan untuk mempercepat proses perekaman KTP-El untuk saudara-saudara kita,” pangkas Narta. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button