DenpasarOlahraga

Buka Kejuaraan Terbuka Lemkari Bali, Koster: Meningkatkan Pembinaan Olahraga Karate Nasional

    DENPASAR, Kilasbali.com – Gubernur Bali, Wayan Koster membuka Kejuaraan Terbuka Piala Gubernur Bali Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Lembaga Karate Do Indonesia (Lemkari) di GOR Lila Bhuana Denpasar, Jumat (22/7).  Kejuaraan ini akan berlangsung dari tanggal 22 – 24 Juli 2022 dengan mempertandingkan kategori usia dini 8-9 tahun, pra pemula 10-11 tahun, pemula 12 dan 13 tahun, kadet 14-15 tahun, junior 16- 17, dan senior.

    Dalam pembukaan ini, tampak dihadiri Kapolda Bali, Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Lemkari Bali, I Wayan Muntra, Kadisdikpora Provinsi Bali, IKN Boy Jayawibawa, dan Ketua Umum KONI Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Oka Darmawan.

    Baca Juga:  Lewat Kolaborasi Lokal dan Internasional Perdana, Syrco BASÈ Gelar 'Collection I'

    Gubernur menyambut baik dan mendukung Kejuaraan Terbuka Lemkari Bali ini. Disamping sebagai wahana mengukur kemampuan para Karate-Do Daerah Bali, Koster menilai, kejuaraan ini sebagai hasil pembinaan di daerah yang selama ini telah berjalan dengan baik, sekaligus untuk meningkatkan pembinaan olahraga karate nasional, khususnya Bali secara berkesinambungan.

    “Saya sangat bergembira dan memberikan apresiasi kepada jajaran Pengurus Pengprov Lemkari Bali. Karena atas komitmennya, kejuaraan ini dapat berlangsung dengan baik,” ujarnya.

    Koster juga menjelaskan, dalam Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan telah menetapkan bahwa pembinaan olahraga bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan juga tanggung jawab masyarakat.

    Baca Juga:  Kanwil DJP Bali Kumpulkan Penerimaan Pajak Sebesar Rp2,24 Triliun

    “Jadi penyelenggaraan kejuaraan ini merupakan bagian integral dari upaya pembinaan olahraga, dan menjadi titik kulminasi dari pembinaan secara menyeluruh, mulai dari pembangkitan minat, pemanduan bakat, seleksi dan kompetisi, sampai pada pencapaian prestasi puncak,” jelasnya.

    Koster mengatakan, adanya berbagai kejuaraan olahraga, mulai tingkat daerah, nasional, bahkan internasional yang telah diselenggarakan di Bali, harus terus diakomodasi dan dimanfaatkan. Salah satunya Lemkari Bali untuk meningkatkan frekuensi bertanding bagi atlet-atlet Bali. “Hal ini juga turut mendorong pemasyarakatan dan pembinaan prestasi Karate-Do di Bali maupun di tingkat nasional,” lanjutnya.

    Koster berharap melalui Kejuaraan ini akan turut mendorong semakin maraknya perkembangan olahraga karate di Bali. “Saya yakin, Lemkari Bali dengan dukungan Pengprov FORKI Bali dan semua pihak, akan dapat menyelenggarakan kejuaraan ini secara berkelanjutan dengan melibatkan lebih banyak peserta, dan dalam level kualitas yang terus meningkat,” ujarnya.

    Baca Juga:  Produk Inovasi Civitas INSTIKI Menyita Perhatian Wali Kota Denpasar di DTIK Festival 2024!

    Dalam kesempatan itu, Koster mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh peserta.  “Raihlah prestasi dengan dilandasi semangat persahabatan dan sportivitas yang tinggi. Kepada para Juri dan panitia, saya sampaikan selamat bertugas semoga Kejuaraan Terbuka Lemkari Bali Piala Gubernur Bali Tahun 2022 ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal waktu yang ditetapkan,” pungkasnya. (jus/kb)

     

    Back to top button

    Berita ini dilindungi