GianyarPolitikTokoh

Suksesi Pemilu 2024 Kewajiban Seluruh Stakeholder

Sekretaris DPC Partai Demokrat Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra

GIANYAR, Kilasbali.com – Menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, tidak hanya kondusifitas  yang menjadi ukuran. Namun juga harus berkeadilan yang terimplementasi merujuk asas, prinsip dan tujuan pemilu. Dan ini seyogyanya menjadi komitmen dan tanggung jawab bersama seluruh stakeholder. Harapan ini diungkapkan Sekretaris DPC Partai Demokrat Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra, Minggu (24/7).

Bupati Mahayastra menyalami Wakil Ketua DPRD Gianyar, Ida Bagus Gaga Adi Saputra. foto/dok

Pada tahapan awal Pemilu yang sudah berproses ini, Wakil Ketua DPRD Gianyar ini juga berharap ada sebuah kesepahaman dan kerja sama seluruh stakeholder termasuk pemerintah daerah dengan mengedepankan kedisiplinan dan netralitas.

AA Gde Agung Bharata menemui  Ida Bagus Gaga Adi Saputra di Griya Kawan Wanaprasta.  foto/dok

Selain itu, selain bayangan politik identitas yang masih jadi momok, politik kekuasaan juga dinilai kerap mendominasi di setiap penyelenggaraan Pemilu. “Hal ini seyogyanya dijadikan evaluasi bersama. Karena sangat berimbas hingga mempengaruhi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN),” ungkapnya.

Baca Juga:  Kampanye Percepatan Penurunan Stunting
Wakil Ketua DPRD Gianyar Ida Bagus Gaga Adi Saputra. foto/dok

Mantan Sekda Gianyar ini juga mewanti agar Pemerintah Daerah terus mendorong dan meminta masyarakat agar bersama-sama mengawal agenda politik nasional ini. “Kepedulian dan partisipasi masyarakat tentu sangatlah penting dalam rangka menyukseskan pesta demokrasi ini. Jadi, selain pemerintah dan partai politik peran serta masyarakat, LSM, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat dalam proses politik sangat menentukan,” terangnya.

Tak lupa, tokoh enerjik ini juga berpesan kepada masyarakat, bahwa kecerdasan dalam berpolitik sangat penting agar tidak hanya menjadi Objek dalam Pesta Demokrasi. Namun juga menjadi subyek yang kritis dalam menentukan pilihan politik sekaligus menjadi pendorong pendewasaan politik.

Gus Gaga saat reses di kediamannya di Griya Kawan Wanaprasta, Gianyar, Sabtu (5/10/2019) malam. foto/dok

“Gunakan hak pilih dengan sebaik – baiknya, pilihlah sesuai hati nurani, tangkal isu sesat, berita hoax maupun money politik agar partisipasi pemilih semakin meningkat secara demokratis, tertib, aman dan kondusif,” pungkasnya. (ina/kb)

Berita Terkait

Back to top button