Denpasar

Cegah Penularan Virus PMK, Kelurahan Penatih Lakukan Vaksinasi

DENPASAR, Kilasbali.com – Untuk mencegah meluasnya penyebaran Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Kelurahan Penatih melakukan vaksinasi ternak Sapi di kelurahan Penatih, Selasa (26/7/2022).

Pelaksanan vaksinasi dilakukan bersama tim gabungan yang terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtimas dan Dinas Pertanian Kota Denpasar.

Lurah Penatih, I Wayan Astawa menyampaikan vaksinasi dilakukan dengan mendatangi masyarakat yang terdata memiliki ternak Sapi. Kegiatan ini berlangsung secara berkelanjutan sehingga semua sapi dapat diberikan vaksin dan sesuai dengan persediaan vaksin yang ada.

Baca Juga:  Pekan Menyusui Dunia

“Pada hari ini vaksinasi dilakukan pada 5 Ekor Sapi. Secara kumulatif vaksinasi PMK ternak Sapi di Kelurahan Penatih sebanyak 57 ekor Sapi,” ujarnya.

Lebih lanjut Astawa menyampaikan penyuntikan vaksin terhadap Sapi bertujuan untuk memberikan kekebalan (antibodi) pada ternak sehingga dapat melawan antigen atau mikro organisme penyebab penyakit atau virus PMK.

Sementara itu, I Gusti Kompyang Alit pemilik Sapi dari Banjar Saba menyampaikan dengan adanya vaksinasi ini telah memberikan rasa aman akan kesehatan Sapi miliknya.

Baca Juga:  Putri Koster Minta IKM Bali Miliki Identitas Personal Produk untuk Melindungi Motif Karyanya

“Pemberian vaksinasi menjaga nilai jual Sapi yang dimiliki. Dengan adanya vaksinasi kepercayaan pembeli dapat terjaga,”ujarnya.(sgt/kb)

Berita Terkait

Back to top button