GianyarNews Update

Gedong Sineb Pura Dalem Puri Peliatan Ubud ‘Dipelaspas’

    UBUD, Kilasbali.com – Wakil Gubernur Tjok Oka Sukawati (Cok Ace) mewakili Gubernur Bali menghadiri Upacara Mecaru Rsi Gana, Melaspas, Mapedagingan Gedong Sineb, Nyepuh Masupati Pralinggan Ida Bhatari di Pura Dalem Puri Desa Peliatan Ubud, Kamis 28 Juli 2022.

    Pamelaspasan Gedong Sineb dilaksanakan setelah pelinggih ini usai direnovasi karena rusak terkena sambaran petir pada 20 Maret 2022 lalu.

    Baca Juga:  Tradisi Melasti Se-Desa Adat Blahbatuh

    Cok Ace menyampaikan bahwa dirinya hadir dalam kapasitas sebagai pengayah Pura Dalem Puri, bagian dari sameton Puri Ubud dan juga mewakili gubernur yang tak bisa hadir secara langsung menyaksikan upacara ini.

    Namun demikian, ia menginformasikan kalau gubernur menaruh perhatian yang sangat besar terhadap keberadaan Pura Dalem Puri Peliatan Ubud.

    Ditambahkan olehnya, Gubernur juga salut dengan semangat yang ditunjukkan pangempon pura sehingga hanya dalam hitungan bulan, renovasi palinggih yang tersambar petir bisa dirampungkan.

    Baca Juga:  Curi Motor di Bengkel, Pria Ini Ditangkap Polisi

    “Semangat krama ini sejalan dengan Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang mengandung makna menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya untuk mewujudkan kehidupan krama Bali yang sejahtera dan bahagia, sekala-niskala,” ungkapnya. (jus/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi