DenpasarEkonomi BisnisNews UpdateSeni BudayaTokoh

Apa Kabar UMKM Bali

DENPASAR, Kilasbali.com – Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Putri Koster menjadi narasumber dalam AKU BALI (Apa Kabar UMKM Bali) yang mengangkat tema “Melestarikan Warisan Tenun Gringsing di Desa Tenganan Pegringsingan” di Studio TVRI Bali, Kamis 28 Juli 2022.

Putri Koster menyampaikan, selaku Dekranasda Provinsi Bali bersinergi dengan OPD terkait melakukan fungsi pengawasan terhadap situasi kerajinan Bali baik itu terkait kualitas produk, kualitas SDM, penyiapan bahan baku hingga pemasaran.

Salah satu langkah yang dilakukan Dekranasda Provinsi Bali dalam menjalankan tugasnya adalah dengan memberi ruang kepada para IKM untuk berpameran secara gratis.

Baca Juga:  Informasi Bahan Baku Utama Dalam Mengeksekusi Keputusan

“Dari pelaksanaan pameran inilah Dekranasda mendapat banyak masukan dari pelaku IKM terkait situasi kerajinan di Bali serta berbagai permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku IKM selama ini,” ujarnya.

Dia menambahkan, dari kegiatan pameran ini kita juga mengetahui bahwa tenun kita banyak di tenun di luar Bali.

“Hal ini harus kita sikapi secara serius mengingat hal ini tidak saja berimbas kepada perekonomian Bali tetapi juga menjadi ancaman terhadap upaya pelestarian warisan nenek moyang,” ajaknya.

Baca Juga:  Sanksi Adat Ditukar Proses Pidana Ganjal Perdamaian Taro Kelod

Salah satu kain tenun yang juga mendapat perhatian Dekranasda Bali adalah kain Tenun Gringsing yang ditenun di Desa Pegringsingan, Karangasem.

Kain tenun ini sangatlah unik, tidak hanya double ikat, kain tenun ini juga menggunakan bahan pewarna alami dan setiap desain ataupun motifnya mengandung makna filosofi tersendiri sesuai dengan adat dan tradisi yang ada di Desa Adat Pegringsingan. (ina/kb)

Berita Terkait

Back to top button