DenpasarNews Update

Lansia Tangguh

LBKKBN Bali Gelar Orientasi PJP Bagi Lansia

DENPASAR, Kilasbali.com – Perlu disadari bahwa kondisi Lansia saat ini bukan tanpa masalah dan tantangan. Berbagai permasalahan terutama yang terkait dengan aspek kesehatan dan ekonomi yang akan berdampak pada kualitasnya sebagai sumber daya manusia pembangunan.

Untuk membantu Lansia menjadi lebih produktif, melalui kehidupan kesehariannya Perwakilan BKKBN Provinsi Bali mengadakan kegiatan Orientasi Pendampingan Perawatan Jangka Panjang Bagi Lansia Angkatan I pada hari Selasa, (2/8) di Ruang Wacika Perwakilan BKKBN Provinsi Bali.

Kegiatan ini dihadiri pengelola BKL di tingkat Kab/Kota yang berasal dari Gianyar, Klungkung, Badung, Tabanan, dan Kota Denpasar.

Baca Juga:  Bule Oleng Nyasar di Renon

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali, dr. Ni Luh Gede Sukardiasih., M.For., MARS.

Dikatakan, salah satu tugas dari BKKBN adalah untuk mewujudkan keluarga berkualitas sehingga mengintervensi seluruh unsur kehidupan dimulai dari 1000HPK hingga Lansia.

“Kita mempersiapkan seluruh unsur kehidupan untuk berkualitas tidak terkecuali lansia. Melalui 7 dimensi Lansia Tangguh kita mempersiapkan lansia yang berkualitas,” jelas dr Luh De.

Disebutkan, BKKBN telah membentuk kelompok kegiatan Bina Keluarga Lansia (BKL) yang menjadi wadah bagi keluarga lansia dan para lansia untuk mewujudkan Lansia Tangguh melalui tujuh Dimensi Lansia Tangguh serta meningkatkan kemampuan keluarga dalam mendampingi lansia yang membutuhkan perawatan jangka panjang (PJP) di BKL.

Baca Juga:  Bangli Optimis Hasil SSGI Memuaskan

“PJP atau perawatan jangka Panjang ini merupakan proses pemberian bantuan dan dukungan kepada Lansia yang tidak mampu merawat dirinya sendiri oleh pendamping profesional maupun pendamping informal. Sehingga diperlukan pedoman berbasis keluarga bagi Bina Keluarga Lansia (BKL),” ungkap dr Luh De

Dijeladkan, penguatan pelayanan ramah Lansia melalui Tujuh Dimensi Lansia Tangguh dan Pendampingan Perawatan Jangka Panjang (PJP) bagi Lansia merupakan salah satu proyek BKKBN untuk mendukung Prioritas Nasional “Meningkatkan Sumber Daya Manusia Berkualitas dan Berdaya Saing dengan Program Prioritas Penguatan Pelaksanaan Perlindungan Sosial dan Kegiatan Prioritas Kesejahteraan Sosial”.

Baca Juga:  Kemajuan Bangsa Jadi Tanggung Jawab Generasi Penerus

“PJP Bagi lansia ini juga merupakan salah satu kegiatan pendukung prioritas nasional yang tertuai dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024,” tambah dr. Luh De

“Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa menciptakan lansia yang lebih berkualitas melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader BKL tentang pendampingan perawatan jangka panjang bagi lansia serta dapat diimplementasikan di masing-masing wilayah kader BKL,” pungkasnya. (jus/kb)

Berita Terkait

Back to top button