DenpasarNasionalNews UpdatePariwisataPeristiwa

Bali Tetap Pulau Terfavorit

Jamuan Makan Malam di Atas Kapal Perang India

BENOA, Kilasbali.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menghadiri acara jamuan makan malam di atas geladak kapal perang India INS Sumedha yang tengah bersandar di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Jumat (5/8).

Cok Ace menyampaikan selamat datang kepada prajurit angkatan laut India yang menjadi personel kapal INS Sumedha. Pada kesempatan itu, ia menginformasikan bahwa Bali merupakan pulau kecil bagian dari Indonesia.

Pulau Bali memiliki wilayah seluas 5.600 KM2 dengan jumlah penduduk 4,2 juta jiwa yang tersebar di 8 kabupaten dan 1 kota. Dari segi mata pencaharian, sebagian besar masyarakat Bali menekuni sektor pertanian.

Namun sejauh ini, perekonomian Bali lebih banyak bertumpu pada sektor pariwisata. Kondisi itu menyebabkan perekonomian Daerah Bali mengalami keterpurukan hebat saat pandemi Covid-19.

“Kendati demikian, yang patut disyukuri adalah Bali tetap tercatat sebagai pulau terfavorit versi sebuah majalah yang terbit di Amerika Serikat,” kata Cok Ace

Lebih jauh Guru Besar ISI Denpasar ini berharap, bersandarnya kapal INS Sumedha di Pelabuhan Benoa dapat mempercepat pemulihan pariwisata Bali.

Baca Juga:  Kemajuan Bangsa Jadi Tanggung Jawab Generasi Penerus

Sekembalinya ke India, ia meminta personel kapal INS Sumedha menginformasikan kondisi Bali terkini kepada keluarga dan sahabat sehingga mereka tak ragu untuk kembali berkunjung sebagai wisatawan.

Disebutkan olehnya, India menjadi negara yang penting bagi Bali karena mencatat tingkat kunjungan wisatawan yang tinggi sebelum pandemi Covid-19.

Wagub Cok Ace memahami, waktu kunjungan awak kapal INS Sumedha ke Bali saat ini sangat terbatas karena terikat tugas kedinasan.

Baca Juga:  Hakordia 2022, Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi

Oleh karena itu, ia berharap suatu saat mereka bisa kembali berkunjung sebagai wisatawan untuk menikmati keindahan alam dan budaya Bali. Kunjungan kapal perang India juga diharapkan makin mempererat hubungan Bali-India yang telah terjalin selama ini.

Sementara itu, Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Manoj Kumar Bharti menyampaikan rasa gembira karena salah satu kapal perang kebanggaan India dapat bersandar di Bali setelah menempuh perjalanan yang panjang.

Ia menyebut Bali sebagai lokasi yang istimewa karena dikenal dengan keindahan alam dan kekayaan budayanya. Masih dalam sambutannya, ia menyampaikan selamat datang di geladak kapal INS Sumedha kepada seluruh tamu undangan.

Baca Juga:  Bule Oleng Nyasar di Renon

Ditambahkan olehnya, jamuan makan malam ini sekaligus menjadi momen syukuran menyambut Hari Kemerdekaan India yang ke-75.

Ucapan selamat datang juga disampaikan komandan P Phaneedra. Ia menyampaikan rasa senang karena bisa mengunjungi Bali yang begitu tersohor. Dijelaskan olehnya, INS Sumedha membawa 118 personel dan bersandarnya kapal ini di Pelabuhan Benoa sebagai kunjungan Port Visit dalam rangka Operational Turn Round (OTR).

Kapal ini sudah mengunjungi Jakarta dan berlabuh di Bali dari tanggal 4-6 Agustus 2022, dan setelahnya akan bertolak ke Surabaya.

Jamuan makan malam dihadiri Atase Pertahanan Kedutaan Besar India di Jakarta Amitabh Saxena, Konsul Jenderal India Mr. Prakash Chand, Danlanud, Danlanal, Kakanwil Kemenkumham Bali dan Diaspora India yang menetap di Pulau Dewata. (m/kb)

Berita Terkait

Back to top button